Penggunaan media pembelajaran al-qur’an hadis berbantuan whiteboard animation dalam menumbuhkan keterampilan abad-21 di MI Thoriqul Ulum Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Siti (2021) Penggunaan media pembelajaran al-qur’an hadis berbantuan whiteboard animation dalam menumbuhkan keterampilan abad-21 di MI Thoriqul Ulum Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Munawaroh_F52319339.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi masih menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian guru yang gagap dalam penggunaan teknologi. Hal ini karena sebagian besar guru masih nyaman dengan pembelajaran secara konvensional. Lokasi yang menjadi penelitian ini adalah MI Thoriqul Ulum Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat induktif dengan metode pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) penggunaan media pembelajaran al- Qur’an Hadis berbantuan Whiteboard Animation merupakan bentuk variasi dalam penggunaan media pembelajaran modern, yang sebagian besar lainnya masih menggunakan media pembelajaran konvensional; 2) beberapa hal yang dilakukan dalam menumbuhkan keterampilan Abad-21 melalui media pembelajaran al- Qur’an Hadis berbantuan Whiteboard Animation pada peserta didik kelas VI di MI Thoriqul Ulum Lamongan adalah dengan cara: a. Mengembangkan partisipasi peserta didik; b. Membangun personalisasi peserta didik dan membantu menyesuaikan kondisi belajar; c. Memberi stimulus untuk berkolaborasi (collaboration) dan berkomunikasi (communication); d. Mendorong motivasi peserta didik untuk belajar; e. Memberi pembiasaan berfikir kritis, kreatif dan inovatif; f. Memanfaatkan sarana belajar yang tepat; dan 3) kontribusi dalam keberhasilan penggunaan media pembelajaran Whiteboard Animation pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis dalam menumbuhkan keterampilan Abad-21 di peserta didik kelas VI MI Thoriqul Ulum Lamongan adalah dengan membuat peserta didik lebih aktif sehingga kegiatan pembelajaran jauh lebih menarik yang berdampak pada semangat peserta didik untuk belajar lebih mandiri. Temuan dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran Whiteboard Animation pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis dapat menumbuhkan perkembangan peserta didik dalam bentuk kognitif, afektif dan psikomotorik yang sejalan dengan perkembangan keterampilan, dimana keterampilan disini yang akan ditumbuhkan adalah keterampilan dalam berpikir kritis (critical thinking), kolaborasi (collaboration), berkomunikasi (communcition) dan kreatif (creativity).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Siticeteem59@gamil.comF52319339
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.id2027127301
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Keywords: Media Pembelajaran; Whiteboard Animation; Keterampilan Abad-21; Al-Qur’an Hadis.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Munawaroh
Date Deposited: 26 Aug 2021 00:54
Last Modified: 26 Aug 2021 00:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49873

Actions (login required)

View Item View Item