Manajemen risiko operasional di LAZISMU Kabupaten Pacitan menggunakan metode COSO: enterprise risk management modifikasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vernanda, Eva (2021) Manajemen risiko operasional di LAZISMU Kabupaten Pacitan menggunakan metode COSO: enterprise risk management modifikasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Vernanda_G95217031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai manajemen risiko operasional yang terjadi di LAZISMU Kabupaten Pacitan. Pada tulisan ini peneliti membahas mengenai risiko operasional yang terjadi di LAZISMU Kabupaten Pacitan serta manajemen risiko operasional di LAZISMU Pacitan menggunakan metode COSO: Enterprise Risk Management Modifikasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan objek penelitian LAZISMU Kabupaten Pacitan. Uji kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi. Pemilihan sampel informan menggunakan teknik pupossive sampling, yaitu memilih informan dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko operasional yang dialami LAZISMU Pacitan terdiri dari delapan risiko. Kedelapan risiko tersebut antara lain lupa mencatat bukti transfer, kesalahan pencatatan, penyaluran tidak mencapai seluruh asnaf, kesulitan menemui donatur, tidak diketahui pengirim dana masuk, ketidaksesuaian rencana penyaluran dengan keadaan di lapangan, terjadinya kecelakaan kendaraan, serta adanya pengurus yang kurang aktif. Risiko-risiko tersebut terbagi menjadi dua tingkatan level yakni level tinggi yang berarti harus dihindari, dan level sedang menunjukkan risiko tersebut dapat diterima namun perlu dikelola.Setelah dilakukan penelitian dan diketahui hasil dan kesimpulan maka disarankan hendaknya lembaga amil zakat melakukan kajian lebih mendalam terkait manajemen risiko. Menyusunan rencana mitigasi risiko yang mungkin terjadi juga diperlukan untuk mengurangi dampak yang dirasakan oleh lembaga. Pelatihan kepada setiap pengurus dalam pemahaman terkait dunia zakat serta SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berlaku di lembaga mestinya dilakukan agar pelaksanaan pengelolaan zakat bisa berjalan maksimal serta SOP tidak hanya semata-mata sebagai kelengkapan administrasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vernanda, Evaevavernanda@gmail.comG95217031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Manajemen
Zakat
Keywords: Manajemen Risiko Operasional; LAZISMU Pacitan; COSO: Enterrise Risk Management Modifikasi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Eva Vernanda
Date Deposited: 26 Aug 2021 20:54
Last Modified: 26 Aug 2021 20:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49883

Actions (login required)

View Item View Item