Problematika pendampingan orang tua Pada anak dalam pembelajaran dalam jaringan di MIN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomaruddin, Moch (2021) Problematika pendampingan orang tua Pada anak dalam pembelajaran dalam jaringan di MIN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Qomaruddin_D91217057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dunia saat ini termasuk Indonesia tengah dihadapkan dengan virus Covid-19, hampir di seluruh negara mengalami gangguan social budaya ataupun ekonomi bahkan kesemua sektor khususnnya sektor pendidikan sebagai dampak dari pandemic virus Covid-19. Hal ini ternyata berdampak pada berbagai aktivitas termasuk diantaranya aktivitas belajar mengajar. Pemerintah telah menetapkan kebijakan belajar dari rumah melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 yang berisikan bahwa pembelajaran harus dilakukan secara daring supaya Corona Virus Desease (Covid-19) dapat dicegah penyebarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring di MIN 1 Lamongan. diantaranya yaitu mulai dari membagi waktu bagi orang tua dalam menyiapkan atau mengondisikan pada pembelajaran daring, memahami teknis pengoprasian gawai, memahami kondisi psikologis anak, sampai persoalan mengenai biaya internet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa dan guru. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui orang tua dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Dalam pelaksanaan pendampingan yang dilakukan oleh orang tua siswa mengalami berbagai banyak permasalahan yang dihadapi. Adapun kendalanya sebaga berikut ini: a) gadget, b) paket data atau kuota, c) internet yang tidak stabil, d) suasana hati anak yang mudah berubah, e) tidak memahami materi yan disampaikan, f) kesibukan orang tua, g) anak lebih senang bermain game ketimbang focus dalam pembelajaran, h) biaya yang mahal. (2) Setiap orang tua mempunyai latar belakang dan peran yang berbeda-beda. Sehingga proses dan hasil proses pendampingan yang dihasilkan pun berbeda-beda juga, diantaranya sebagai berikut: a) orang tua yang sering memantau proses pembelajaran daring anaknya, b) Orang tua yang sibuk bekerja. (3) Terdapat solusi yang dapat membantu mengatasi problematika yang terjadi, yaitu: a) dengan mendampingi dan menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan saat pembelajaran berlangsung, b) menjadi fasilitator, c) memberikan dorongan motivasi kepada anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomaruddin, Mochqomaruddinmoch21@gmail.comD91217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Online; Parents.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: moch qomaruddin
Date Deposited: 26 Aug 2021 21:25
Last Modified: 26 Aug 2021 21:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49900

Actions (login required)

View Item View Item