Pengaruh determinan ekuitas merek, nilai nasabah dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Umum Syariah di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subagiyo, Rokhmat (2021) Pengaruh determinan ekuitas merek, nilai nasabah dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Umum Syariah di Jawa Timur. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rokhmat Subagiyo_F53318020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya studi yang mengkaji variabel-variabel penentu loyalitas nasabah bank Syariah, namun hanya menguji pengaruh determinan ekuitas merek yang terdiri dari loyalitas merek, kesadaran merek, kesan kualitas, dan asosiasi merek terhadap loyalitas nasabah. Akan tetapi, aset-aset merek lainnya belum diuji pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang memengaruhi loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 154 responden dengan mempergunakan teknik accidental sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi smart PLS versi 3.0. Hasil penelitian ini: 1. Determinan ekuitas merek dan kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan variabel nilai nasabah tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. 2. Determinan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening, sedangkan determinan ekuitas merek tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai nasabah sebagai variabel intervening. 3. Nilai nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. 4. Determinan ekuitas merek dan nilai berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. 5. Determinan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai nasabah sebagai variabel intervening. Implikasi teoritis penelitian ini berupa: banking award dan client pride mempermudah nasabah dan calon nasabah untuk lebih mengenal dan menaruh keyakinan pada nasabah mengenai jaminan kualitas produk dan jasa dari BUS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subagiyo, Rokhmatmat97.eca@gmail.comF53318020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhan Djamaluddinpps@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorAhsan, Muhamadmacgumay@gmail.com ; m.ahsan@uinsby.ac.id2021066802
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Determinan Ekuitas Merek; Nilai Nasabah; Kepuasan Nasabah; Loyalitas Nasabah; Bank Umum Syariah.
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rokhmat Subagiyo
Date Deposited: 26 Aug 2021 22:35
Last Modified: 26 Aug 2021 22:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49911

Actions (login required)

View Item View Item