Pengembangan bahan ajar Taḥsīn Al-Qurān berbasis Self-Regulated Learning untuk mahasiswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suwarno, Suwarno (2020) Pengembangan bahan ajar Taḥsīn Al-Qurān berbasis Self-Regulated Learning untuk mahasiswa. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suwarno_F23416167.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan komponen penting dalam pembelajaran. Bahan ajar diperlukan sebagai pedoman beraktivitas dalam proses pembelajaran sekaligus merupakan substansi komponen yang diajarkan kepada mahasiswa. Sama halnya dengan mata kuliah taḥsīn al-Qur'ān, untuk mencapai target pembelajaran yang efektif dan efisien diperlukan adanya bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Akan tetapi bahan ajar yang sesuai masih belum tersedia, sehingga dalam penelitian ini dirumuskan apa jenis bahan ajar taḥsīn al-Qur'ān yang sesuai untuk mahasiswa?, bagaimana proses pengembangan bahan ajartaḥsīn al-Qur'ān,untuk mahasiswa? bagaimana validitas bahan ajar taḥsīn al-Qur'ān,yang dikembangkan?, dan bagaimana efektifitas serta kepraktisan bahan ajar taḥsīn al-Qur'ān yang dikembangkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mengembangkan bahan ajar taḥsīn al-Qur'ān,berbasis self-regulated learning untuk mahasiswa, mengetahui proses pengembangan bahan ajar taḥsīn al-Qur'ān,berbasis self-regulated learning untuk mahasiswa, mengetahui validitas bahan ajar taḥsīn al-Qur'ān,berbasis self-regulated learning yang dikembangkan, dan mengetahui efektifitas serta kepraktisan bahan ajar taḥsīn al-Qur'ān yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau reseach and development (R & D) level 4, yang akan menghasilkan produk berupa bahan ajar taḥsīn al-Qur'ān. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi angket dan test. Analisis data yang digunakan ada dua macam yaitu analisis data kualitatif untuk data yang berasal dari potensi dan masalah serta studi literatur dan mengumpulkan informasi, dan analisis data kuantitatif untuk data hasil validasi ahli, angket respon mahasiswa, angket respon dosen, dan hasil penilaian ujicoba produk. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan bahan ajar taḥsīn al-Qur'ān, berupa buku taḥsīn al-Qur'ān,dilengkapi dengan audio visual, tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar taḥsīn al-Qur'ān,berbasis self-regulated learning mengikuti prosedur pengembangan oleh Sugiono, tingkat validitas bahan ajar yang dikembangkan sangat valid dari penilaian ahli materi dan ahli desain, dan valid berdasarkan penilaian ahli bahan ajar dan ahli bahasa. Efektifitas bahan ajar sangat efektif berdasarkan hasil uji coba terbatas, dan efektif berdasarkan hasil uji coba lapangan utama. Kepraktisan bahan ajar sangat praktis berdasarkan respon mahasiswa serta respon dosen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suwarno, Suwarnosuwarno0963@yahoo.comF23416167
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzakki, Akhakh.muzakki@uinsby.ac.id2009027402
Thesis advisorFatimaturusydiyah, Evievi_fatimatur@yahoo.com2027127302
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Bahan ajar; Taḥsīn al-Qur'ān; Self-regulated learning.
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suwarno Suwarno
Date Deposited: 26 Aug 2021 01:10
Last Modified: 26 Aug 2021 01:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49915

Actions (login required)

View Item View Item