Penurunan minat dan motivasi siswa serta upaya guru dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa pembelajaran PAI kelas VII melalui daring di MTs Negeri 1 Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifa, Ichtriyas Agustin (2021) Penurunan minat dan motivasi siswa serta upaya guru dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa pembelajaran PAI kelas VII melalui daring di MTs Negeri 1 Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ichtriyas Agustin Afifa_D91217051.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) untuk mengetahui penyebab menurunnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran daring pelajaran PAI di MTS Negeri 1 Tuban. 2) untuk mengetahui upaya guru menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran daring PAI di MTS Negeri 1 Tuban. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yakni hanya mengangkat fakta, keadaan, dan fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Minat dan motivasi siswa dalam belajar PAI tergolong masih rendah, hal ini disebabkan karena kurangnya kesiapan dari diri siswa tidak disiplin waktu dalam mengikuti pembelajaran daring, dan tidak semua orangtua mempunyai waktu, kemauan, kesadaran yang sama akhirnya tidak semua siswa memiliki semangat yang sama dalam memaksimalkan belajar daring. Metode yang digunakan guru PAI dalam mengajar secara daring juga kurang bervariasi dan tidak jarang juga guru hanya memberikan tugas tanpa menjelaskan materi yang diajarkan. 2) Memberikan penguatan kepada siswa pentingnya mempelajari agama (Qurdits, Aqidah Akhak, SKI, Fiqih), memberikan nilai tambahan (reward) untuk siswa yang berpastisipasi aktif dalam pembelajaran daring, dan memberikan hukuman kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas agar siswa memiliki jera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifa, Ichtriyas Agustinichtriyasagustin@gmail.comD91217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Motivasi Belajar
Minat Siswa
Pendidikan Islam
Keywords: Upaya Guru Pai; Minat dan Motivasi Belajar Pai Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ichtriyas Agustin Afifa
Date Deposited: 26 Aug 2021 00:13
Last Modified: 26 Aug 2021 00:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49926

Actions (login required)

View Item View Item