Pengaruh penggunaan media musik religi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Devi Melinia (2021) Pengaruh penggunaan media musik religi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Melinia Sari_ D91217045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media musik religi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Lamongan. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti: 1) Bagaimana penggunaan media musik religi pada mata pelajaran akidah akkhlak di MTsN 1 Lamongan. 2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Lamongan. 3) Bagaimana pengaruh penggunaan media musik religi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A – VII M di MTsN 1 Lamongan tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 451, sampel yang digunakan 20% menjadi 90 siswa. Dan untuk uji hipotesis peneliti menggunakan teknik analisis uji hipotesis spearman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penggunaan media musik religi kelas VII MTsN 1 Lamongan menunjukkan adanya kategori rendah, sedang, dan tinggi dalam hal antusias siswa terhadap penggunaan media musik religi. Adapun rincian dalam kategori tersebut yaitu : 3 siswa dengan kategori rendah taraf prosentase 3,33%, 61 siswa kategori sedang dengan taraf prosentase 67,78%, 26 siswa kategori tinggi dengan taraf prosentase 28,89%. Dan dari hasil angket menunjukkan bahwasanya antusiasme siswa dalam pemanfaatan media musik religi termasuk dalam kategori sedang. Dimana menunjukkan bahwa sebagian besar siswa setuju saat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media musik religi. Dengan adanya pemanfaatan musik religi ini materi yang diberikan oleh guru lebih mudah diterima dan dipahami oleh siswa. 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTsN 1 Lamongan terdiri dari 3 kategori : kategori rendah 8 siswa dengan taraf prosentase 8,89%, 63 siswa kategori sedang dengan taraf prosentase 70,00%, 19 siswa kategori tinggi dengan taraf prosentase 21,11%. Dan dari hasil angket menunjukkan bahwasanya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak termasuk dalam kategori sedang. 3) Pengaruh penggunaan media musik religi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Lamongan mempunyai pengaruh yang cukup kuat dan positif. Berdasarkan nilai koefisien kolerasi diketahui r hitung untuk pengaruh media musik religi (X) dan motivasi belajar (Y) sebesar 0,480 > r tabel 0,207 Sehingga menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel X dengan Y (r tabel n= 90 sig 5% sebesar 0,2072)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Devi Meliniadevimelinia30@gmail.comD91217045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Pengaruh; Media musik religi; Motivasi belajar siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Devi Melinia Sari
Date Deposited: 26 Aug 2021 20:51
Last Modified: 26 Aug 2021 20:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49927

Actions (login required)

View Item View Item