Strategi peningkatan kesejahteraan driver ojek online di masa pandemi covid-19 perspektif ekonomi Islam: studi kasus pada Nusantara Ojek Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiqoh, Relita (2021) Strategi peningkatan kesejahteraan driver ojek online di masa pandemi covid-19 perspektif ekonomi Islam: studi kasus pada Nusantara Ojek Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Relita Rofiqoh_F02419140.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi-kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi kepada Pengelola NU-Jek, driver NU-Jek cabang Surabaya dan Penumpang atau pelanggan driver NU-Jek di Surabaya untuk menggali tentang strategi bisnis Nusantara Ojek (NU-Jek) kepada driver selama pandemi Covid-19 dan bagaimana dalam perspektif ekonomi islam. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi bisnis yang diterapkan Nusantara Ojek saat pendemi yaitu: 1) Strategi stabilitas dengan tetap mempertahankan tarif order driver, 2) Strategi ekspansi dengan menambah produk NU-Self, memperluas kerjasama, dan batuan tambahan saldo deposit, 3) Strategi penciutan dengan memberikan diskon atribut NU-Jek dan diskon pendaftaran asuransi Mega Syariah. Sedangkan, Strategi Nusantara Ojek dalam peningkatan kesejahteraan di masa pandemi menurut perspektif ekonomi Islam adalah,1) dengan cara memperluas kerja sama dengan pihak kantor pos Indonesia. Driver NU-Jek bisa menjadi kurir antar barang dan jasa bagi kantor pos. Strategi tersebut dapat meningkatakan kinerja dari driver, sehingga mampu untuk meningkatkan pendapatan dari driver. 2) Peningkatan kesejahteraan perspektif ekonomi Islam dilihat dari aspek keamanan Nusantara Ojek dalam memberikan jaminan kesejahteraan driver di masa pandemi berupa diskon pendaftaran asuransi. Tujuannya selain meringankan beban penggeluran driver, juga memberikan jaminan kesehatan agar driver merasa aman dalam menjalankan pekerjaan, hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan dari segi keamaan dalam pekerja. Saran dari penelitian ini adalah strategi yang sudah ada masih tetap diselenggarakan atau bahkan di tambah terutama untuk saldo tambahan deposit, supaya driver lebih bersemangat untuk bekerja dan mencari orderan, Mengadakan sosialisasi mengenai strategi baru seperti sosialisasi mengenai program baru NU-Self dan Mengadakan evaluasi secara berkala

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiqoh, Relitarelitarofiqoh98@gmail.comF02419140
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Thesis advisorFageh, Achmadachmadfageh@gmail.com0703067304
Subjects: Ekonomi Islam
Tenaga Kerja
Keywords: Strategi Nusantara Ojek; Kesejahteraan; Driver Ojek Online.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Relita Rofiqoh
Date Deposited: 26 Aug 2021 22:24
Last Modified: 26 Aug 2021 22:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49933

Actions (login required)

View Item View Item