Analisis level berpikir Probabilistik Siswa dalam menyelesaikan soal ujian nasional pelajaran Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamil, Ahmad Dimy (2021) Analisis level berpikir Probabilistik Siswa dalam menyelesaikan soal ujian nasional pelajaran Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Dimy Kamil_D74214051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Level berpikir probabilistik merupakan tingkatan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah probabilitas. Level berpikir probabilistik setiap siswa berbeda-beda, salah satu yang mempengaruhi yakni pemahaman konsep probabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level berpikir probabilistik siswa dalam menyelesaikan soal ujian nasional pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang diambil dari kelas X-IPA-5 di MAN Sidoarjo. Ketiga siswa tersebut memiliki nilai lebih baik dari KKM yakni 77 dalam pelajaran matematika di semester gasal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil dari tes tertulis siswa dianalisis berdasarkan indikator level berpikir probabilistik milik Jones kemudian diperkuat dengan hasil wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga siswa telah berada pada level berpikir probabilistik transisional dalam mengerjakan soal satu. Sedangkan pada soal dua terdapat dua siswa yang berada pada level berpikir probabilistik transisional dan satu siswa berada pada level berpikir probabilistik subjektif. Siswa yang berada pada level berpikir probabilistik transisional dalam mengerjakan soal mampu mendaftar ruang sampel dengan baik dan sistematis, memprediksi jawaban dengan tepat dalam mencari jawaban. Siswa yang berada pada level berpikir probabilistik subjektif tidak dapat mendaftar ruang sampel dengan lengkap dan mampu memprediksi jawaban yang diselesaikan akan tetapi hasil penyelesaian tidak sesuai dengan jawaban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamil, Ahmad Dimyahmaddimykamil@gmail.comD74214051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id197411042008012008
Subjects: Matematika
Keywords: Level Berpikir Probabilistik; Ujian Nasional; Probabilitas.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ahmad Dimy Kamil
Date Deposited: 29 Aug 2021 22:25
Last Modified: 29 Aug 2021 22:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49939

Actions (login required)

View Item View Item