Penerapan metode pembiasaan melalui kegiatan SOP sekolah dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek dan hadits di RA Al Qodir Wage Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Nurun (2021) Penerapan metode pembiasaan melalui kegiatan SOP sekolah dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek dan hadits di RA Al Qodir Wage Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurun Nisa'_D99217078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembiasaan hafalan selama 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran tidak dilakukan lagi karena adanya pandemi covid-19 yang mana sekolah secara tatap muka ditiadakan. Adanya pengalihan tempat pembelajaran membuat waktu pembiasaan yang dilakukan menjadi berkurang. Berbagai upaya telah dilakukan agar pembiasaan hafalan tetap terlaksana walau pembelajaran dilakukan tanpa tatap muka. Guru tetap memberikan materi pembiasaan hafalan surat-surat pendek dan hadits walaupun pembelajaran dilakukan dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode pembiasaan melalui kegiatan SOP sekolah dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek dan hadits di RA Al Qodir Wage Sidoarjo dan (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode pembiasaan melalui kegiatan SOP sekolah dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek dan hadits di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo. Penelitian tersebut menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul proses yang selanjutnya adalah proses analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembiasaan hafalan surat-surat pendek dan hadits sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ada di sekolah. Kegiatan pembiasaan hafalan surat-surat pendek dan hadis dilakukan setiap hari Senin sampai Jumat selama 15 menit. Materi hafalan yang dihafalkan oleh siswa disesuaikan dengan masing-masing jenjang kelompok dan disusun secara berurutan dalam bentuk buku "Materi Hafalan RA Al Qodir". Perencanaan yang dilakukan oleh guru yakni menyiapkan materi hafalan surat-surat pendek dan hadist, menyiapkan tempat untuk pelaksanaan hafalan surat-surat pendek dan hadis, dan guru harus menghafal materi hafalan yang akan disampaikan. Evaluasi dilakukan di tengah semester, di beberapa minggu atau dilakukan saat kegiatan hafalan berlangsung ataupun saat recalling pembelajaran. Adapun faktor pendukung dalam penerapan metode pembiasaan menghafal surat-surat pendek dan hadits yakni menyediakan buku materi hafalan untuk dijadikan panduan, bimbingan dari guru ketika di sekolah, bimbingan dari orang tua ketika di rumah, pengalaman mengaji di TPQ, dan lingkungan sekolah ataupun masyarakat yang beragama Islam. Faktor penghambat dalam penerapannya yakni kurangnya waktu ketika masa pandemi dan cara orang tua dalam mendidik siswa untuk dibiasakan menghafal surat-surat pendek dan hadis ketika di rumah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Nurunnisanurun30@gmail.comD99217078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Al Qur'an
Hadis
Keywords: Penerapan; Metode Pembiasaan; SOP Sekolah; Hafalan Surat-Surat Pendek dan Hadits.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nurun Nisa'
Date Deposited: 30 Aug 2021 09:59
Last Modified: 30 Aug 2021 09:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49940

Actions (login required)

View Item View Item