This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dwiningtiyas, Nur Aini (2021) Pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis LINE Chatbot untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nur Aini Dwiningtiyas_F02317096.pdf Download (4MB) |
Abstract
Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam upaya membantu tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Keberadaan media pembelajaran tidak dapat diabaikan begitu saja dalam proses pembelajaran di setiap mata pelajaran tidak terkecuali mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun media pembelajaran yang digunakan masih minim dan kurang inovatif sedangkan teknologi terus berkembang. Oleh karena itu penelitian ini menawarkan media pembelajaran berbasis LINE Chatbot yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis LINE Chatbot; 2) mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis LINE Chatbot dalam meningkatkan hasil belajar siswa; 3) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis LINE Chatbot. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dimana tahapannya mengacu pada model desain pengembangan ADDIE. Adapun tahap penelitiannya adalah analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa teknik, yaitu angket, tes dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) proses pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis LINE Chatbot ini mengacu pada model desain ADDIE, dengan hasil validasi ahli materi sebesar 75% (layak), hasil validasi ahli media sebesar 97,1% (sangat layak); 2) efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa diukur melalui pre-test dan post-test, Hasil belajar siswa berdasarkan uji-t diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel 22,417>2,052 dan hasil signifikansinya lebih kecil dari tingkat kesalahan yang diterima (5%) 0,05 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LINE chatbot efektif dalam upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam; 3) respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis LINE Chatbot memeroleh rata-rata persentase 88,27% dengan kriteria sangat baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Media pembelajaran; LINE Chatbot. | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nur Aini Dwiningtiyas | ||||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2021 02:53 | ||||||||
Last Modified: | 28 Aug 2021 02:53 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49946 |
Actions (login required)
View Item |