Pengaruh pembelajaran berbasis Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis anak kelas B4 RA Sunan Ampel Arjosari Pasuruan di Masa Pandemi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subekti, Aaam (2021) Pengaruh pembelajaran berbasis Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis anak kelas B4 RA Sunan Ampel Arjosari Pasuruan di Masa Pandemi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aaam Subekti_D99217027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis anak kelas B4 RA Sunan Ampel Arjosari Pasuruan di masa pandemi. Penelitian ini didasari oleh hasil pengamatan peneliti terhadap proses belajar mengajar di kelas B4 RA Sunan Ampel Arjosari Pasuruan di masa pandemi. Peneliti menemukan pendekatan yang digunakan saat proses belajar mengajar belum cukup saintifik. Unsur-unsur pembelajaran saintifik yang mengedepankan keaktifan anak untuk berpikir dan membuat pertanyaan kritis belum terindikasi dari kegiatan yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas B4 RA Sunan Ampel Arjosari Pasuruan berjumlah 14 anak. Data penelitian didapat melalui tes dan observasi. Analisis data penelitian menggunakan uji perbandingan non parametrik Wilcoxon dan uji korelasi non parametrik Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis anak kelas B4 RA Sunan Ampel Arjosari Pasuruan sangat kuat dan berbanding lurus. Dibuktiikan dengan uji korelasi Spearman yang menunjukkan koefisien korelasi 0,76 dan nilai Sig. 0,002<0,05 (hubungan positif dan sangat kuat, berhubungan signifikan). Selain itu, kemampuan berpikir kritis anak kelas B4 RA Sunan Ampel Arjosari Pasuruan sesudah diterapakan pembelajaran berbasis inkuiri di masa pandemi meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh rerata nilai tes kemampuan berpikir kritis yaitu 91.0207 (meningkat sebanyak 14,04%). Penurunan kemampuan berpikir kritis hanya terjadi pada 2 dari 14 anak (menurun sebanyak 0,27% dan 2,36%) sedangkan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada sebagian besar anak kelas B4 yaitu 12 dari 14 anak (meningkat sebanyak 1,52% hingga 73%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subekti, Aaamaaamsubekti@gmail.comD99217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorMuafidah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Anak
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Inkuiri
Keywords: Pembelajaran Inkuiri; Berpikir Kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Aaam Subekti
Date Deposited: 28 Aug 2021 04:59
Last Modified: 28 Aug 2021 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49950

Actions (login required)

View Item View Item