الجناس والطباق في سورة الأنبياء (دراسة تطبيقية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Muhammad Adibul (2021) الجناس والطباق في سورة الأنبياء (دراسة تطبيقية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Adibul Umam_A91216137.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ilmu badi’ ialah ilmu yang mengkaji tentang keindahan lafadz dan makna pada suatu ungkapan. keindahan lafadz termasuk dalam Muhassinaat lafziyah yang meliputi Jinas, Saja’, Iqtibas dan Raddul ajzi ala Shadr. sedangkan keindahan makna termasuk dalam Muhassinaat maknawiyah yang meliputi Thibaq, Muqabalah, Tauriyah, Husn at-Ta’lil, Ta’kid al-Madh bi ma Yusybih adz-Dzam, Ta’kid adz-Dzamm bi ma Yusybih Al-Madh dan Uslub al-Hakim.Keindahan bahasa secara lafadz dan makna tidak bisa dipisahkan dari bahasa Arab maupun bahasa Kitab suci Al-Quran. Orang yang membaca Al-quran tidak bisa merasakan keindahan lafadz dan makna, dikarenakan belum memahami keindahan lafadz dan makna secara baik (Muhassinaat Lafziyah wal Maknawiyah). Dalam pembahasan ini peneliti menggunakan surat Al- Anbiya’ Sebagai objek kajian, yang dimana Surat Al-Anbiya’ adalah surat ke-21 dalam Al-quran yang tergolong dalam surat makkiyah dan terdiri dari 112 ayat, nama surat Al-Anbiya’ berasal dari kata Nabi-Nabi, Nama tersebut digunakan karena surat ini berisi tentang kisah beberapa para Nabi-Nabi. Oleh sebab itu peneliti ingin mengkaji tentang keindahan lafadz dan makna pada Surat Al-Anbiya’. Dan dari latar belakang diatas peneliti tertarik untuk menganalisis Jinas dan Thibaq yang tergolong dari Muhassinaat Lafziyah dan Maknawiyah dengan rumusan sebagai berikut: 1. Apa saja macam-macam jinas dalam surat Al-Anbiya? 2. Apa saja macam-macam Thibaq dalam Surat Al-Anbiya?Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan metode pendekatan yang digunakan adalah kajian analisis balaghah. Dalam penelitian ini peneliti menemukan 74 jinas dalam surat Al-Anbiya dan 22 Thibaq dalam surat Al-Anbiya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, Muhammad Adibulsastramusik7@gmail.comA91216137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNafan, Abdul Wahabrwnria@gmail.com2002028002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Sastra
Keywords: Jinas; Thibaq; Surat Al Anbiya’.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad Adibul Umam
Date Deposited: 28 Aug 2021 00:25
Last Modified: 28 Aug 2021 00:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49951

Actions (login required)

View Item View Item