Implementasi model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Sumput Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Busthomy MZ, Ahmad (2021) Implementasi model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Sumput Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Busthomy Mz_F52319315.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Sumput Sidoarjo saat ini masih belum melibatkan siswa secara aktif (student centered). Siswa tidak dilatih untuk berpikir kritis. Kurangnya keaktifan berpikir kritis menyebabkan pembelajaran kurang menarik, siswa menjadi pasif dan tidak termotivasi karena guru PAI cenderung menggunakan ceramah dalam proses pembelajaran. Mengatasi hal tersebut, diperlukan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan terlibat langsung untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Salah satunya dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mapel PAI materi “Ketika Bumi Berhenti Berputar”. 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model discovery learning pada mapel PAI materi “Ketika Bumi Berhenti Berputar”. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model dari Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIA SDN Sumput Sidoarjo. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi model discovery learning mapel PAI mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan melakukan tindakan yaitu perubahan dalam penyampaian materi pelajaran melalui pemberian rangsangan (stimulation) yang menimbulkan keinginan siswa untuk menyelidiki, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data dan mengolahnya, kemudian siswa melakukan verifikasi dan menyimpulkan hasil temuannya di depan guru dan teman. Dengan langkah tersebut, peneliti sangat terbantu dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran PAI materi “Ketika Bumi Berhenti Berputar” kelas VIA SDN Sumput Sidoarjo. 2) Model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran PAI materi “Ketika Bumi Berhenti Berputar”. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada pra siklus sebesar 64,44 meningkat pada siklus I menjadi 73,33 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 79,63. Sedangkan persentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa pada pra siklus yaitu 33,33%, meningkat menjadi 59,30% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 81,48% pada siklus II. Persentase jumlah siswa yang memenuhi nilai ketuntasan pada Siklus II telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang ditentukan, yaitu ≥75% nilai kemampuan berpikir kritis siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Busthomy MZ, Ahmadbusthomyahmad@gmail.comF52319315
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id198508282014031003
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: discovery learning; kemampuan berpikir kritis.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Busthomy MZ
Date Deposited: 27 Aug 2021 23:52
Last Modified: 27 Aug 2021 23:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49974

Actions (login required)

View Item View Item