Kebijakan protokol kesehatan dalam perspektif hadis: kajian hadis tematik dengan pendekatan ilmu sosiologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Mazida Naila (2021) Kebijakan protokol kesehatan dalam perspektif hadis: kajian hadis tematik dengan pendekatan ilmu sosiologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mazida Naila Rohmah_E95217063.pdf

Download (4MB)

Abstract

Protokol Kesehatan adalah kebijakan yang diambil oleh pemerintah dalam menanggulangi wabah COVID-19 yang sedang terjadi sa’at ini. Wabah ini sendiri awal muncul dari kota wuhan china dan menyebar keseluruh dunia. Pada zaman nabi sebelumnya juga pernah terjadi wabah, penelitian ini berpacu pada perspektif dari hadis nabi. Hadis merupakan sumber hukum islam kedua setelah al-Qura’an, penelitian ini juga berkaitan dengan ilmu sosiologi, dengan tujuan memberi gambaran pada masyarakat untuk melakukan pencegahan bersama-sama dalam penyebaran wabah yang sedang terjadi dikehidupan masyarakat sa’at ini. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui makna kebijakan protokol kesehatan dalam perspektif hadis. Serta meneliti kualitas dan kehujjahan hadis dengan menggunakan ilmu tematik (Mawdhu’i), yaitu dengan mengumpulkan beberapa hadis yang berkaitan dengan kebijakan Protokol Kesehatan. yang penulis kaji dari beberapa refrensi. Lalu mengimplementasikan pada kehidupan masyarakat menggunakan pendekatan Sosiologi, Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Library Research yang sesuai dengan tema yang telah dicari di kepustakaan baik berupa Buku, jurnal, skripsi dll. Sedangkan data primer penelitian menggunakan kitab-kitab hadis Sunan Ibnu majah, Sahih Bukhari, Sahih Muslim dengan data sekunder yang didapat dalam literatur yang sesuai dengan tema yang akan dibahas.Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan, pertama dari segi kualitas hadis Shahih dan maqmulun bih, kedua, hadis-hadis yang diteliti penulis kaitkan dengan pemaknaan dari kebijakan hadis berdasarkan buku-buku refrensi yang terkait yaitu: FIKIH CORONA karya Nur Kholis Majid, 15 MASALAH YANG TERKAIT DENGAN WABAH karya syaikh Abu Ammar Yasir bin Abdah al-Adeny, RAMADHAN dalam bayang-bayang COVID-19 karya Abu Ubaidah Yusuf bin MuhktarAs-Sidawi. Ketiga implementasi hadis tentang protokol kesehatan dalam pendekatan ilmu Sosiologi dengan teori konflik yaitu memahami konflik dari kebijkan protokol kesehatan dari pemerintah untuk masyarakat, terkait dampak wabah dan cara penanggulangan yang tepat menurut protokol kesehatan dengan mengkaji keterkaitan dari pemaknaan hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Mazida NailaNaylamazeed@gmail.comE95217063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmar, Athoillahdakatir@live.com197909142009011005
Subjects: Hadis
Keywords: Kebijakan Protokol Kesehatan; COVID-19; Sosiologi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Mazida Naila rohmah
Date Deposited: 28 Aug 2021 05:17
Last Modified: 28 Aug 2021 05:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50000

Actions (login required)

View Item View Item