Identifikasi jenis intuisi siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya berpikir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmadhon, Rizky Amalia (2021) Identifikasi jenis intuisi siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya berpikir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Amalia Rohmadhon D74214044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Intuisi merupakan kognisi segera (immediate cognition) tentang suatu konsep tanpa melalui proses ketat (rigorous process) dan tanpa menggunakan langkah-langkah analisis atau strategi-strategi standar dalam matematika. Salah satu hal yang berkaitan dengan intuisi siswa yaitu gaya berpikir. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis intuisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya berpikir acak abstrak dan acak konkret. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ibnu Husain Surabaya kelas VII tahun ajaran 2020/2021 semester II pada siswa kelas VII A (siswa laki-laki) kelas VII B (siswa perempuan). Dimana subjek yang diambil dalam penelitian ini ialah 2 siswa dengan gaya berpikir acak abstrak dan 2 siswa dengan gaya berpikir acak konkret. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Kemudian dianalisis berdasarkan indikator intuisi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya berpikir acak abstrak dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) menggunakan pengetahuan yang didapat melalui jenjang sekolah formal. Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) ini, subjek acak abstrak menggunakan jenis intuisi sekunder. Sedangkan siswa yang memiliki gaya berpikir acak konkret dalam menyelesaikan masalah menampilkan solusi berdasarkan pengalaman sehari-hari. Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV), kedua subjek acak konkret ini menggunakan jenis intuisi primer.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmadhon, Rizky Amaliarizkyamalia667@gmail.comD74214044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id198409282009122007
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id197701032009122001
Subjects: Bimbingan Belajar
Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Intuisi Siswa; Masalah Matematika; Gaya Berpikir AcakAbstrak, Gaya Berpikir Acak Konkret.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizky Amalia Rohmadhon
Date Deposited: 28 Aug 2021 05:28
Last Modified: 28 Aug 2021 05:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50005

Actions (login required)

View Item View Item