Penilaian model SAMR (Substitusi, Augmentasi, Modifikasi, Redefinisi) terhadap kompetensi guru mata pelajaran Fikih dalam pembelajaran jarak jauh di MTsN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izza, Aqidatul (2021) Penilaian model SAMR (Substitusi, Augmentasi, Modifikasi, Redefinisi) terhadap kompetensi guru mata pelajaran Fikih dalam pembelajaran jarak jauh di MTsN 1 Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aqidatul Izza_F02319040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di MTsN 1 Sidoarjo. Responden dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Fikih dan peserta didik di MTsN 1 Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep model SAMR (Substitusi, Augmentasi, Modifikasi, Redefinisi) di MTsN 1 Sidoarjo yaitu guru mengganti pembelajaran konvensional menjadi metode pembelajaran jarak jauh dengan media digital. Selanjutnya hasil penelitian dari penyebaran angket kepada siswa tentang implementasi pembelajaran jarak jauh dengan SAMR (Substitusi, Augmentasi, Modifikasi, Redefinisi) yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fikih dengan memanfaatkan teknologi menurut standar konvensional dikategorikan “baik”. Kemudian dari hasil observasi, bahwasanya kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi sudah masuk pada tahap substitusi, augmentasi dan modifikasi. Namun untuk redefinisi guru belum melakukannya. Terdapat juga faktor penghambat dalam kemampuan guru yakni, keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya pengetahuan, kurangnya inisiatif guru untuk belajar, rendahnya insiatif dari siswa, keterbatasan kemampuan dan keprcayaan diri guru. Namun juga terdapat faktor pendukung dari kemampuan guru, yakni dengan adanya peran dari kepala sekolah, menambah wawasan dengan membaca banyak literatur, memberikan reward bagi guru, berdiskusi dengan sesama guru, bekerjasama dengan orangtua, menhikuti pelatihan dan seminar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izza, AqidatulAqidatulizzayunus15@gmail.comF02319040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorThohir, Muhammadmohamadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Subjects: Fikih
Guru
Keywords: Penilaian Model SAMR; Kompetensi Guru; Pembelajaran Jarak Jauh.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aqidatul Izza
Date Deposited: 28 Aug 2021 12:27
Last Modified: 28 Aug 2021 12:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50016

Actions (login required)

View Item View Item