pengaruh biaya kualitas dan biaya produksi terhadap penjualan: studi pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bei tahun 2018-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Mega Kusumawati (2021) pengaruh biaya kualitas dan biaya produksi terhadap penjualan: studi pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bei tahun 2018-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mega Kusumawati Aisyah_G02217016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Biaya Kualitas dan Biaya Produksi Terhadap Penjualan (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEI)”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh biaya kualitas terhadap penjualan, menguji pengaruh biaya produksi terhadap penjualan, dan menguji pengaruh biaya kualitas dan biaya produksi secara bersama terhadap penjualan. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan purposive sampling dan diperoleh total sampel sebanyak 42 perusahaan. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS 25. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan data sekunder berupa Laporan Keuangan Perusahaan yang dapat diakses di website idx. Hasil penelitian menunjukan bahwa Biaya Kualitas berpengaruh signifikan terhadap Penjualan dengan nilai t hitung yaitu sebesar 3.987 dan nilai Sig kurang dari 0.05 dan Biaya Produksi berpengaruh signifikan terhadap Penjualan dengan nilai t hitung sebesar 96.685 dan nilai Sig 0.000. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa Biaya Kualitas dan Biaya Produksi berpengaruh terhadap Penjualan dengan nilai F hitung yaitu 7783.891 dan nilai Sig 0.000. Peneliti memberikan saran agar dapat mengembangkan penelitian dimasa mendatang dengan variabel dan objek yang lebih dan menggunakan data time series yang lebih lama agar data yang diambil lebih empiris. Untuk perusahaan diharapkan untuk terus berkomitmen terhadap kualitas produk dan meningkatkan kualitas agar produk sesuai dengan standar dan harapan konsumen kemudian biaya kualitas dan biaya produksi perlu dilakukan pengawasan agar teralokasi dengan tepat sehingga dapat membantu manajemen untuk mengambil keputusan strategis untuk mengaji bagaimana pertumbuhan penjualan pada periode selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Mega Kusumawatimegakusumawatiaisyah@gmail.comG02217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangasharilintang@gmail.com199411082019032021
Subjects: Akuntansi
Keywords: Biaya kualitas; Biaya produksi; Penjualan; Strategi keunggulan bersaing.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Mega Kusumawati Aisyah
Date Deposited: 28 Aug 2021 12:48
Last Modified: 28 Aug 2021 12:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50017

Actions (login required)

View Item View Item