Implementasi program Tahfidz al-Qur’an dalam membentuk kebiasaan membaca Al-Qur’an: tudi multi situs di Sekolah Dasar Islam Al-Zamzam dan Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif Pagerwojo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Yuni (2021) Implementasi program Tahfidz al-Qur’an dalam membentuk kebiasaan membaca Al-Qur’an: tudi multi situs di Sekolah Dasar Islam Al-Zamzam dan Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif Pagerwojo Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuni Agustina F02A19304.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Al-Qur’an sangat penting diajarkan kepada peserta didik sejak dini guna membantuk generasi qur’ani yang berakhlak mulia. Belajar Al-Qur’an meliputi membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an. Dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, ada banyak metode yang dapat digunakan, seperti metode tikrar, talaqqi, wahdah, sima’i, kitabah, dan masih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program tahfidz Al-Qur’an, menganalisis pembentukan kebiasaan membaca Al-Qur’an melalui program tahfidz Al-Qur’an, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk kebiasaan membaca Al-Qur’an melalui program tahfidz Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan di SDI Al-Zamzam dan MI Ma’arif Pagerwojo Sidoarjo. Kedua sekolah ini memiliki program tahfidz Al-Qur’an sebagai program unggulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program tahfidz Al-Qur’an di SDI Al-Zamzam dan MI Ma’arif Pagerwojo menggunakan metode tikrar dan talaqqi serta metode klasikal dan gerakan tangan sudah cukup bagus. Hampir diatas 70% peserta didik mampu menyelesaikan target hafalan yang ditentukan sekolah. Adanya program tahfidz Al-Qur’an dapat membentuk kebiasaan membaca Al-Qur’an pada peserta didik melalui muraja’ah yang dilakukan setiap hari, muraja’ah juga dapat menjadikan bacaan Al-Qur’an peserta didik lebih baik dan sesuai tajwid. Dalam pelaksanaannya, terdapat faktor pendukung dalam membentuk kebiasaan membaca Al-Qur’an melalui program tahfidz Al-Qur’an, yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai, motivasi, dan keistiqomahan membaca Al-Qur’an. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya dukungan orangtua, tidak optimalnya buku monitoring tahfidz, beberapa kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik rendah, frekuensi pertemuan tatap muka berkurang selama pandemi, dan rasa malas pada peserta didik. Adapun upaya mengatasi hambatan-hambatan tersebut antara lain melakukan koordinasi dengan orangtua terkait pengisian monitoring tahfidz, mengelompokkan peserta didik kedalam kelompok khusus untuk mendapatkan bimbingan membaca Al-Qur’an, memaksimalkan pertemuan tahfidz dengan memberikan motivasi dan dukungan kepada peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Yuniyuni.agustina96@gmail.comF02A19304
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Program Tahfidz Al-Qur’an; Kebiasaan Membaca Al-Qur’an.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuni Agustina
Date Deposited: 03 Sep 2021 13:13
Last Modified: 03 Sep 2021 13:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50026

Actions (login required)

View Item View Item