Religiusitas perilaku remaja Punk di Pondok Pesantren Gelar Sepapan Rengel Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halimah, Siti Nur (2021) Religiusitas perilaku remaja Punk di Pondok Pesantren Gelar Sepapan Rengel Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Halimah_E92217076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang latar belakang masyarakat yang menganggap remaja punk mempunyai perilaku yang menyimpang, gaya hidup bebas, identik dengan kekerasan, premanisme, seks bebas, dan lain sebagainya yang memberikan stigma negatif. Pada dasarnya, ada banyak remaja punk yang merindukan spiritualitas yang belum mereka ketahui, salah satunya keinginan untuk membenarkan diri dan memelajari Agama Islam lebih dalam di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga persoalan yaitu: pertama, latar belakang remaja punk masuk pesantren. Kedua, perilaku remaja punk dalam membentuk religiusitas. Ketiga, peran pondok pesantren terhadap remaja punk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui jurnal dan wawancara secara online. Analisis data menggunakan sebuah metode analisis data yang bersifat kualitatif, metode analisis data dan penarikan sebuah kesimpulan. Studi ini dilakukan di Pondok Pesantren Gelar Sepapan Rengel Tuban. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan behavioral sosiologi dari B.F. Skinner. Sumber data dari penelitian ini adalah pengasuh dan santri dari Pondok Pesantren Gelar Sepapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, latar belakang remaja punk masuk pesantren adalah atas dorongan diri sendiri, keinginan untuk mandiri, keinginan untuk belajar agama, tidak adanya batas usia dalam pesantren, dan pesantren dapat menampung remaja-remaja dalam berbagai fisik. Kedua, perilaku remaja punk dalam membentuk religiusitas dengan selalu melakukan sholat lima waktu, puasa, mengaji dan saling tolong menolong diluar maupun di luar pesantren. Ketiga, peran pondok pesantren terhadap remaja punk dalam mengembangkan religiusitas serta membentuk perilaku yang baik dengan membiasakan remaja punk melakukan sholat, mengaji, jujur, sopan dalam berpakaian maupun saat bertutur kata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halimah, Siti Nurstnurhalimah883@gmail.comE92217076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.id2007127104
Subjects: Perilaku
Remaja, Gaya hidup
Keywords: Remaja Punk; Relegiusitas; Pesantren.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Siti Nur Halimah
Date Deposited: 29 Aug 2021 22:51
Last Modified: 29 Aug 2021 22:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50029

Actions (login required)

View Item View Item