Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak melalui publikasi hasil karya di media sosial bagi siswa TK Islam Sabilil Falah Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavia, Devi Hera (2021) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak melalui publikasi hasil karya di media sosial bagi siswa TK Islam Sabilil Falah Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Engd thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Hera Oktavia_D99217033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru dalam proses pembelajaran menjadi kunci utama dimana sorang guru dapat menggerakan kelas dan peserta didiknya. Maka dari itu peran guru sebagai fasilitator dan motivator sangatlah dibutuhkan. Motivasi dapat ditumbuhkan melalui kegiatan yang menyenangkan dan memberikan reward atas keberhasilannya. Peserta didik di TK Islam Sabilil Falah awalnya kurang termotivasi untuk belajar karena hanya sebatas mengerjakan tugas sekolah dari guru, sehingga guru berusaha meningkatkan motivasinya melalui publikasi hasil karyanya di media sosial. Penelitian ini bertujuan mengetahui latar belakang guru di TK Islam Sabilil Falah Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo dalam meningkatkan motivasi belajar anak melalui publikasi hasil karya di media sosial. Tujuan penelitian yang lain adalah mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak melalui publikasi hasil karya di media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan semua peristiwa pada lapangan dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dilatarbelakangi oleh adanya dukungan orangtua pada saat mendampingi anak belajar di rumah. Proses kegiatan belajar mengajar tidak hanya penyampaian materi namun guru juga memberikan tugas kepada siswa yang dikirim pada grup kelas belajar. Tentunya orangtua mengirimkan kembali tugas yang diberikan oleh guru berupa foto maupun video jika tugas sudah dilaksanakan. Hal ini guru terdorong untuk memanfaatkan media sosial dengan memposting hasil karya anak pada status whatsapp pribadi milik guru. Media sosial berupa whatsapp menjadi salah satu media yang digunakan guru di TK Islam Sabilil Falah untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Publikasi hasil karya di media sosial menunjukan dampak postif anak akan lebih semangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini menjadi suatu apresiasi dan kepuasan tersendiri bagi siswa karena melihat hasil kerjanya diposting oleh guru dan dilihat banyak orang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavia, Devi Heradevihera.dh90@gmail.comD99217033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Subjects: Anak
Motivasi Belajar
Keywords: Peran Guru; Motivasi Belaja; Publikasi hasil karya di Media Sosial.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hera Oktavia
Date Deposited: 29 Aug 2021 22:35
Last Modified: 29 Aug 2021 22:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50036

Actions (login required)

View Item View Item