Analisis kegigihan belajar anak usia dini kelompok a-1 di RA.Sunan Ampel Arjosari Pasuruan Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Cindra Surya Putri (2021) Analisis kegigihan belajar anak usia dini kelompok a-1 di RA.Sunan Ampel Arjosari Pasuruan Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cindra Surya Putri Anggraeni_D09217004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegigihan belajar adalah karakter penting yang harus ada pada peserta didik. Kegigihan belajar penting ditanamkan karena menjadi dasar bagi kesuksesan peserta didik dalam menghadapi kesulitan belajar. Peserta didik yang merupakan anak usia dini di Raudlatul Athfal (RA) Sunan Ampel Pasuruan Kelompok A-1 adalah anak dengan kegigihan belajar yang baik meskipun belajar dalam kondisi Pandemi Covid-19 yang menemui banyak tantangan dan kesulitan. Penelitian ini bertujuan mengetahui latar belakang anak usia dini kelompok A-1 di RA.Sunan Ampel Pasuruan memiliki kegigihan dalam pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian yang lain adalah mendeskripsikan kegigihan belajar pada anak usia dini di kelompok A-1 RA.Sunan Ampel Pasuruan dalam belajar selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan semua peristiwa pada lapangan dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegigihan belajar anak usia dini dilatarbelakangi oleh dukungan orangtua dan guru dalam belajar dan dalam menghadapi kesulitan pada saat belajar di rumah bersama orangtuanya. Dukungan secara fisik-materi maupun psikis oleh orangtua dan guru sangat membantu anak usia dini memiliki motivasi yang baik dalam belajar. Hal ini juga mendukung anak memiliki keyakinan diri yang baik dalam mengerjakan tugas, berusaha sebaik-baiknya untuk belajar. Kegigihan belajar anak usia dini di RA Sunan Ampel Pasuruan kelompok A-1 selama pembelajaran jarak jauh kualitasnya baik dilihat dari keberhasilan anak dalam mencapai tujuan pembelajaran selama pembelajaran jarak jauh, tugas yang diberikan lebih banyak dapat dituntaskan. Keyakinan anak untuk dapat mengerjakan tugas selama mengerjakan tugas pembelajaran daring juga baik, usaha pantang menyerah anak dalam berusaha secara mandiri menyelesaikan tugas, misalnya menggambar juga terlaksana dengan baik. Selain itu, anakusia dini juga menggunakan waktu belajar yang baik, yang didukung oleh manajemen penggunaan waktu oleh orangtua dalam menyelesaikan penugasan pembelajaran pada masa pembelajaran jarak jauh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Cindra Surya Putrisuryacindra@gmail.comD09217004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorYahya, Azizyahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Kegigihan Belajar Anak; Motivasi; Pembelajaran Jarak Jauh.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Cindra Surya Putri Anggraeni
Date Deposited: 29 Aug 2021 22:33
Last Modified: 29 Aug 2021 22:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50037

Actions (login required)

View Item View Item