Peran guru dalam menumbuhkan semangat belajar anak usia dini melalui pembelajaran afektif di TK PGRI Putat Kumpul Lamongan.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farichah, Zuhrotul (2021) Peran guru dalam menumbuhkan semangat belajar anak usia dini melalui pembelajaran afektif di TK PGRI Putat Kumpul Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuhrotul Farichah_D09217026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wabah virus corona atau Covid-19 telah berdampak besar pada setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Penyebaran virus ini memaksa pemerintah untuk menerapkan kebijakan social dan physical distancing untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut. Kebijakan tersebut juga dilaksanakan dengan diterbitkannya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 di Satuan Pendidikan dan Surat Edaran No. 2020 dalam penyelenggaraan Pendidikan dan Kebudayaan. Kebijakan selama masa darurat penyebaran penyakit coronavirus (Covid19). Masyarakat memasuki kehidupan baru di masa pandemi Covid19, di era New Normal. New Normal merupakan kehidupan baru dimana masyarakat dapat tetap beraktivitas seperti biasa, namun tetap mematuhi prosedur kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Di sisi lain, jika masyarakat tidak memperhatikan prosedur kebersihan, penerapan New Normal akan berdampak pada peningkatan jumlah kasus virus Covid-19. Dalam hal ini, faktor yang dapat dilupakan adalah kurangnya motivasi atau semangat belajar, sehingga kurangnya motivasi diri untuk mencapai tujuan. Motivasi adalah kekuatan tersembunyi dalam diri kita yang memotivasi kita untuk bertindak dengan cara kita sendiri. Penelitian ini bertujuan agar mahasiswa tau strategi pembelajaran afektif (SPA) untuk meningkatkan kemampuan belajar anak, tujuan lain dari penelitian ini adalah agar mahasiswa tau faktor-faktor untuk meningkatkan belajar anak di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Kualitatif dengan Metode Penelitian Deskriptif yang mendiskripsikan tentang bagaimana peran guru dalam menumbuhkan semangat siswa yang masih dalam usia dini di masa pandemi melalui pembelajaran afektif sebagai bentuk dari inovasi model pembelajaran di era new normal. Hasil Penelitian ini menunjukkan terkait dengan peran guru dalam menumbuhkan semangat belajar anak usia dini di era New Normal melalui pembelajaran afektif di tk pgri Putat Kumpul lamongan; (1) Guru berperang sangat penting dalam menumbuhkan semangat pembelajaran peserta didik di Era New Normal dengan melakukan model-model pembelajaran secara inovatif dan menyenangkan melalui pembelajaran afektif. (2) Pembelajaran afektif secara daring dirasa cukup efektif untuk menumbuhkan semangat siswa dalam proses pembelajaran, sehingga kejenuhan siswa saat pandemi dapat sedikit demi sedikit terkikis dan mulai semangat belajar walaupun pembelajaran dilakukan dari rumah. Motivasi adalah energi perubahan karakter, yang ditandai dengan munculnya (feeling) dan respon emosional untuk mencapai tujuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farichah, Zuhrotulzuhrotulfarichah9@gmail.comD09217026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Covid-19; Pembelajaran Afektif; Motivasi; New Normal; Guru.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: zuhrotul farichah
Date Deposited: 29 Aug 2021 22:55
Last Modified: 30 Aug 2021 11:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50039

Actions (login required)

View Item View Item