Nilai-nilai pendidikan Islam dalam arsitektur Islam pondok pesantren Perut Bumi Al-Maghribi Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khumaidah, Shirley (2021) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam arsitektur Islam pondok pesantren Perut Bumi Al-Maghribi Tuban. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shirley Khumaidah_ F02319082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kebudayaan di Indonesia pada awalnya mendapat pengaruh kuat dari agama hindu dan budha, setelah masuknya agama Islam mengalami akulturasi atau percampuran budaya. Salah satu yang dipengaruhi ialah segi arsitektur bangunannya, seperti masjid, bangunan bersejarah, dan lain sebagainya. Arsitektur bangunan di Indonesia memiliki banyak desain, dari yang bercorak hindu, Islam, hingga modern. Arsitektur Islam menjadi salah satu desain bangunan yang banyak diterapkan di bangunan-bangunan bercorak Islam, karena terdapat nilai-nilai Islam yang terkandung pada simbol-simbol bangunannya yang mengandung berbagai makna yang kental akan wujud penghambaan kepada Tuhannya. Dalam penelitian ini, penulis merumuskan permasalahan dalam tiga hal, yaitu: (1) Tata letak PP. Perut Bumi al-Maghribi Tuban, (2) Makna tata letak PP. Perut Bumi al-Maghribi Tuban, (3) dan Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam simbol arsitektur PP. Perut Bumi al-Maghribi Tuban. Pada penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori-teori tentang arsitektur Islam, arsitektur pesantren, dan nilai pendidikan Islam. Metode deskriptif kualitatif merupakan cara yang digunakan penulis untuk menjabarkan hasil data-data yang telah ditemukan di lapangan, yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan semiotika, yaitu dengan cara menafsirkan tanda yang ada pada simbol arsitektur pesantren Perut Bumi al-Maghribi Tuban. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa tata ruang yang ada di pesantren Perut Bumi al-Maghribi Tuban terdiri dari: pintu masuk, tempat wudlu, masjid, sumber air barokah, sendang kejayaan, petilasan, kamar mandi, dan menara, yang mengandung banyak makna baik dalam filosofi pembuatannya maupun penempatannya. Sedangkan nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam simbol arsiektur pesantren adalah nilai akidah, nilai ubuddiyah, nilai muamalah, nilai akhlak, dan nilai estetika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khumaidah, Shirleykhumaidah.khumaira@gmail.comF02319082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Subjects: Arsitektur
Pendidikan Islam
Pesantren
Keywords: Arsitektur Islam; Nilai Pendidikan Islam; Pesantren Perut Bumi al- Maghribi Tuban.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shirley Khumaidah Khumaidah
Date Deposited: 30 Aug 2021 13:45
Last Modified: 30 Aug 2021 13:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50052

Actions (login required)

View Item View Item