Analisis potensi Zakat Profesi pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama di Baznas Kabupaten Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Mahrus (2021) Analisis potensi Zakat Profesi pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama di Baznas Kabupaten Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahrus Ali F02419127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh melalui data primer dan sekunder dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Beberapa orang yang dijadikan informan adalah: pimpinan Baznas, staf atau karyawan dan kemudian ASN di Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan, kemudian data tersebut di analisis melalui tahapan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: Pertama, potensi zakat profesi pada Aparatur Sipil Negara di Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan sangat tinggi, melihat dari rata-rata gaji 5 jutaan sampai 7 jutaan. Kedua, pengelolaan zakat profesi yang dilakukan Baznas Pamekasan pada Aparatur Sipil Negara di Kementerian Agama dalam pengumpulannya menggunakan aplikasi SiMBA dan bisa dilakukan dengan cara tunai atau non-tunai. Juga pengumpulannya bekerja sama dengan UPZ di setiap instansi. Sedangkan pendistribusiannya kepada mustahik diprogramkan yaitu Pamekasan Taqwa, Pamekasan Cerdas, Pamekasan Sehat, Pamekasan Peduli, dan Pamekasan Berdaya. Ketiga, Baznas Pamekasan dalam implemetasi zakat profesi pada Aparatur Sipil Negara di Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan berada pada posisi kuadran I dan metrik IE berada pada sel IV. Analisis dalam penelitian ini menyatakan bahwa terdapat potensi yang besar pada zakat profesi Aparatur Sipil Negara di Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan. Di samping itu Baznas Pamekasan secara pengelolaan masih belum merangkul para muzakki dari kalangan ASN di Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan disebabkan tidak adanya faktor dukungan dari pemerintah daerah dan banyaknya ASN yang membayar secara pribadi kepada mustahik. Dari analisis Metrik EFE dan IFE Baznas Pamekasan berada di kuadran I dan matriks IE sel IV, sehingga Baznas Pamekasan harus menggunakan strategi intensif, sebab strategi ini dinilai sangat tepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Mahrusalimahrus629@gmail.comF02419127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotib@uinsby.ac.id196906082005011003
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id197102261997032001
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Manajemen Strategi
Zakat
Keywords: ASN; Zakat Profesi; Baznas.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahrus Ali
Date Deposited: 30 Aug 2021 13:38
Last Modified: 30 Aug 2021 13:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50064

Actions (login required)

View Item View Item