Pengembangan instrumen penilaian literasi numerasi dengan memasukkan konteks Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Habsanul (2021) Pengembangan instrumen penilaian literasi numerasi dengan memasukkan konteks Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Habsanul Aisyah_D74217044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu kecakapan yang dibutuhkan pada abad 21 adalah kemampuan literasi numerasi. Oleh karena itu literasi numerasi menjadi bagian terpenting dari kemampuan yang harus dimiliki. Namun capaian literasi numerasi di Indonesia masih terbilang rendah. Oleh karena itu, untuk melatih kemampuan tersebut diperlukan contoh soal numerasi yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mendeskripsikan proses pengembangan instrumen penilaian literasi numerasi dengan memasukkan konteks Islam dan (b) mengetahui indeks validitas instrumen peniliaian literasi numerasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model Plomp terdiri dari empat tahapan: (a) tahap pengkajian awal, (b) tahap perancangan, (c) tahap realisasi/ konstruksi, dan (d) tahap tes, evaluasi dan revisi. Uji coba terbatas secara daring dilakukan di kelas 8 MTs Negeri 1 Surabaya dengan subjek sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik catatan lapangan, teknik angket, teknik validasi dan teknik tes dengan instrumen penelitian berupa lembar field note, lembar angket, lembar validasi dan soal tes. Analisis data terkait kevalidan isi instrumen dilakukan dengan menggunakan formula Aiken’s dan kevalidan empiris menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan: (a) pada proses pengembangan, terdapat temuan menarik pada tahap pengkajian awal dan telaah butir soal. Pada tahap pengkajian awal terdapat pernyataan kontradiktif antara analisis kurikulum dengan analisis peserta didik. Pernyataan tersebut terjawab dengan dilakukannya uji coba terbatas. Pada tahap penelaahan butir soal terdapat perbedaan pendapat di antara 2 validator. Perbedaan tersebut kemudian dianalisis dan direvisi sehingga menghasilkan butir soal yang baik dan (b) hasil uji validitas yang dihitung dengan formula Aiken’s V diperoleh nilai sebesar 0,783. Hasil ini menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan valid dari aspek materi/konten, konstruk serta bahasa. Hasil ini diperkuat dengan hasil validitas empiris dengan korelasi product moment yang menunjukkan bahwa soal yang dikembangkan bernilai valid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Habsanulhabsanulaisyah@gmail.comD74217044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id197411042008012008
Subjects: Matematika
Al Qur'an
Zakat
Keywords: literasi; numerasi; konteks Islam; pengembangan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Habsanul Aisyah
Date Deposited: 30 Aug 2021 13:02
Last Modified: 30 Aug 2021 13:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50066

Actions (login required)

View Item View Item