Pengembangan perangkat pembelajaran Qur’an Hadist dengan model Flipped Classroom Di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Glagah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qoshwa, Ghoyatul (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran Qur’an Hadist dengan model Flipped Classroom Di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Glagah Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ghoyatul Qoshwa_F02319046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada saat ini dunia teknologi mengalami perkembangan yang pesat sehingga berdampak pada segala bidang terutama pada pendidikan. Dalam dunia pendidikan ada berbagai macam model, metode, strategi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi untuk mengatasi keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Ada satu model pembelajaran yang melibatkan seluruh peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran yaitu model flipped classroom. Model pembelajaran Flipped Classroom yang telah diterapkan di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Glagah Lamongan namun kurang maksimal dalam segi penerapannya. Seperti dalam menggunakan media dalam menyampaikan materi. Sehingga peneliti ingin mengembangkan perangkat pembelajaran dan mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran dengan model flipped classroom dalam pembelajaran Qur’an Hadits. Penelitian ini termasuk dalam kategori Research And Development dengan mengacu pada model pengembangan Sugiyono yang meliputi beberpa tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil implementasi yang dilakukan Uji coba terhadap kelompok kecil yang terdiri dari 9 peserta didik dan hasil yang diperoleh dari angket menunjukkan bahwa 3 peserta didik menilai sangat layak dan yang 6 peserta didik menilai layak. Uji coba pemakaian diterapkan pada kelas XI IPA yang terdiri dari 25 peserta didik hasilnya sangat layak. Dan untuk efektivitas pengembangan model Flipped Classroom dalam pembelajaran Qur’an hadits pada kelas XI IPA dapat dilihat dari hasil pre test masih memperoleh nilai dibawah 75 dan post test yang telah dilaksanakan memperoleh hasil diatas standar KKM atau nilai 75. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan model Flipped classroom efektif digunakan dalam pembelajaran Qur’an Hadits.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qoshwa, Ghoyatulcuzwawa27@gmail.comF02319046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Penelitian Pengembangan; Model Flipped Classroom; Pembelajaran Qur’an Hadits.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ghoyatul Qoshwa
Date Deposited: 30 Aug 2021 08:29
Last Modified: 03 Oct 2021 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50073

Actions (login required)

View Item View Item