المحسّنات اللّفظية في مقامة القناعة للإمام الزمخشري

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Nur Wahdaniyatus (2021) المحسّنات اللّفظية في مقامة القناعة للإمام الزمخشري. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Wahdaniyatus Sa'adah_A91217128.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keindahan lafadz (al-muhassinat al-lafdziyah) pada salah satu karya sastra. Salah satu karya sastra yang diambil sebagai objek dalam penelitian ini adalah Maqamat karya Imam Al-Zamakhsyari yang berjudul Maqamat Al-qana’ah. Maqamat ini terdapat unsur-unsur keindahan lafadz didalamnya sehingga membuat peneliti tertarik untuk mengkaji. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian ilmu balaghah dan hanya fokus pada ilmu badi’ karena didalamnya mengkaji unsur-unsur keindahan lafadz yang terdiri dari : Jinas yaitu dua lafadz yang sama dalam pengucapannya tetapi berbeda maknanya. Saja’ yaitu kesamaan bunyi/huruf akhir pada dua fashilah atau lebih. Iqtibas yaitu pengutipan ayat Al-Qur’an atau hadits Nabi, baik dalam bentuk prosa atau syair tanpa menunjukkan bahwa itu mengutip dari A-Qur’an atau hadits. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari objek yang diamati. Adapun dalam Maqamat Al-qana’ah Karya Imam Al-Zamakhsyari terdapat 23 kata Saja’, 16 kata Jinas, akan tetapi dalam maqamat ini tidak ditemukan kalimat yang menunjukkan iqtibas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Nur Wahdaniyatusnwahdaniyatus@gmail.comA91217128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRomdlon, Atiq Mohammadatiqramadhan@yahoo.com2021126701
Subjects: Sastra
Keywords: Al-Muhassinat Al-Lafdziyah; Maqamat Al-qana’ah; Al-Zamakhsyari.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nur Wahdaniyatus Sa'adah
Date Deposited: 30 Aug 2021 08:36
Last Modified: 30 Aug 2021 08:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50074

Actions (login required)

View Item View Item