Kebangkitan Islamisme Turki Pada Era Sekularisme (1960-2002)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahendra, Fahmi Rizal (2021) Kebangkitan Islamisme Turki Pada Era Sekularisme (1960-2002). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmi Rizal Mahendra_A92216120.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setelah mendeklarasikan sebuah negara yang merdeka pada 29 Oktober 1923, Turki yang dipimpin oleh Mustafa Kemal Attaturk menerapkan sekularisme. Attaturk ingin menjadikan Turki sebuah negara yang modern dengan menerapkan kebijakan sekularisme. Beberapa proses sekularisasi terjadi pada awal negara Turki berdiri.seperti kebijakan sekularisasi politik, sekularisasi sosial keagamaan, sekularisasi hukum dan sekularisasi warisan dan kebudayaan. Contoh kecil sekularisasi sosial keagamaan adalah dengan menutup beberapa pesantren (tekke) para sufi dan menutup kementerian agama. Lantas ini menimbulkan berbagai reaksi dari Islam, sehingga terjadi pergolakan yang ingin melawan ide sekularisme Turki yang sudah diterapkan. Kemudian muncul berbagai bentuk perlawanan dari umat Islam seperti: gerakan keagamaan dan partai politik yang ingin melawan sekularisme Turki dengan merestorasi nilai-nilai Islam seperti peenrapan syariat. Islamisme Turki menjadikan agama sebagai bentuk perlawanan terhadap sekularisme Turki yang ketat. Dalam penelitian ini menemukan berbagai faktor mengapa kebangkitan Islamisme begitu kuat ketika negara Turki berdiri, antara lain; keterlibatan kaum sufisme / tarekat, dimana kaum tarekat berhasil memasuki dan membentuk partai politik; pengaruh ideologi luar seperti ideologi Ikhwanul Muslimin, beberapa aktor Islamisme Turki terpengaruh dan mempunyai hubungan dengan Ikhwanul Muslimin dan yang terakhir adalah dukungan dari kelas modal atau pengusaha muslim, beberapa pengusaha muslim mempunyai hubungan yang kuat dengan beberapa partai politik dan mendukung kebijakan-kebijakan partai politik.Skirpsi ini berjudul; "Kebangkitan Islamisme Turki Pada Era Sekularisme (1960-2002"). Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka dengan menggunakan penelitian sejarah menggunakan metode kualitatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahendra, Fahmi Rizalfahmirizalmh@gmail.comA92216120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Attaturk; Islamisme; Sufi; Sekularisme; Turki.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fahmi Rizal Mahendra
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:27
Last Modified: 30 Aug 2021 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50075

Actions (login required)

View Item View Item