Pengembangan media pembelajaran matematika dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) pada materi bangun ruang sisi lengkung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Ratih Intan (2021) Pengembangan media pembelajaran matematika dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) pada materi bangun ruang sisi lengkung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ratih Intan Sari_D74214066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar geometri siswa utamanya bada sub materi bangun ruang bisa dikatakan sangat rendah, salah satu faktornya adalah siswa kesulitan memahami konsep awal bangun ruang. Bangun ruang merupakan sub materi yang abstrak, sehingga untuk memudahkan siswa mempelajari bangun ruang dibutuhkan media pembelajaran yang tepat. Oleh sebab itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang interaktif serta dapat menampilkan animasi 3D bangun ruang sisi lengkung berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang valid, serta praktis. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan 5 dari 10 tahapan R&D, yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah lembar catatan lapangan dan lembar validasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran bangun ruang sisi lengkung yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dinyatakan valid oleh tiga validator, dengan rata-rata kevalidan sebesar 4,37 dan dinyatakan praktis secara teori dengan kategori kepraktisan “A” yang berarti dapat digunakan tanpa revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Ratih Intanratihis396@gmail.comD74214066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id198111182009121003
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id198309262006042002
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media Pembelajaran; Bangun Ruang Sisi Lengkung; Augmented Reality.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ratih Intan Sari
Date Deposited: 31 Aug 2021 10:30
Last Modified: 31 Aug 2021 10:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50096

Actions (login required)

View Item View Item