Pengembangan media interaktif autoplay untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al qur'an hadits di mts assathi' karas sedan rembang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Luthfil (2021) Pengembangan media interaktif autoplay untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al qur'an hadits di mts assathi' karas sedan rembang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luthfil Hakim_F52319335.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan abad 21 dimana IT (informasi teknologi) telah berkembang begitu cepat dan pesat dalam berbagai bidang. Diantaranya adalah pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Perkembangan teknologi era ini menuntut dunia pendidikan harus mampu mengembangkan kualitas serta profesionalitas pendidik dan peserta didik. Dari pengamatan peneliti selama penelitian, diketahui bahwa guru masih menggunakan pembelajaran secara konvensional, yaitu dengan metode ceramah, presentasi powerpoint dan tanya jawab yang bersumber bahan ajar buku paket dan LKS. Kondisi ini menjadikan siswa kurang menarik dan bosan sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa yang menurun. Melihat problematika tersebut, maka peneliti membuat produk pengembangan media pembelajaran interaktif berupa Autoplay dengan harapan bisa meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui sejauh mana pengembangan media pembelajaran Autoplay pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Assathi’ Karas bagi peserta didik kelas VIII, dan 2. Untuk mengetahui keefektifan pengembangan media interaktif Autoplay terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Assathi’ Karas pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Assathi' Karas Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang dengan sasaran objek siswa kelas VIII yang berjumlah 61 peserta didik. Adapun pembagian kelasnya terdiri dari dua rombongan belajar, yaitu VIII-A dan VIII-B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Model penelitian menggunakan model penelitian pengembangan Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan yang dihasilkan adalah media pembelajaran interaktif yang berbentuk CD/DVD dan berisi software autoplay media studio 8. Pengembangan media pembelajaran interaktif Autoplay sangat memberi dampak positif terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Assathi’ Karas pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, khususnya pokok bahasan Madd S}ilah. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik sebelum menggunakan media interaktif autoplay hanya sebesar 69% dan sesudah menggunakan media interaktif autoplay meningkat menjadi 80%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Luthfilbenfarza@gmail.comF52319335
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id198508282014031003
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; Media Interaktif; Autoplay; Al-Qur'an Hadits.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Luthfil Hakim Luthfi
Date Deposited: 01 Sep 2021 23:53
Last Modified: 02 Sep 2021 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50112

Actions (login required)

View Item View Item