Pengaruh mekanisme good corporate governance dan kinerja keuangan terhadap pengungkapan sustainability report: studi pada perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Listianto, Ela (2021) Pengaruh mekanisme good corporate governance dan kinerja keuangan terhadap pengungkapan sustainability report: studi pada perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ela Listianto_G72217030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance dan Kinerja Keungan Terhadap Pengungkapan Sustianability Report (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018)”, penelitian ini didasari oleh banyaknya permasalahan yang terjadi yang diakibatkan oleh perusahaan pertambangan yang masih kurang akan tanggung jawab baik secara ekonomi, lingkungan, dan sosial yang ditimbulkan dari aktivitas perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang dipakai adalah regresi linier berganda dimana dibantu dengan Software SPSS Statistic Version 25. Periode pengamatan tahun 2016-2018 dengan menggunakan data sekunder mengambil dari situs resmi Bursa Efek Indonesia dan situs resmi perusahaan pertambangan yang dijadikan sampel penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel mekanisme good corporate governance dan kinerja keuangan yang diukur dengan beberapa indikator mendapatkan hasil berpengaruh secara positif dan signifikan ialah Komite audit, dewan komisaris, dan berpengaruh secara negatif dan signifikan ialah kepemilikan manajerial dan profitabilitas. Sedangkan, komisaris independen, dewan direksi dan likuiditas tidak memiliki pengaruh dalam hasil penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan perusahaan pertambangan harus lebih memperhatikan dampak yang ditimbulkan dari aktivitas perushaanya. Tidak hanya berfokus pada kegiatan ekonomi saja tetapi juga bertanggung jawab atas dampak kerusakan lingkungan dan permasalahan sosial yang ditimbulkanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Listianto, Elaelalistianto36@gmail.comG72217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangasharilintang@gmail.com19941182019032021
Subjects: Akuntansi
Keywords: Komite audit; Kepemilikan manajerial; Komisaris independen; Dewan komisaris; Dewan direksi; Profitabilitas; Likuiditas.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Ela Listianto
Date Deposited: 02 Sep 2021 01:40
Last Modified: 02 Sep 2021 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50122

Actions (login required)

View Item View Item