Pengembangan model online learning berbasis Nearpod dalam melatih berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran Qur'an Hadis di MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badriyah, Lailatul (2021) Pengembangan model online learning berbasis Nearpod dalam melatih berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran Qur'an Hadis di MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Badriyah_F2319338.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran yang dilaksanakan di MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto masih terbilang tradisional atau ceramah. Kemudian untuk mata pelajaran Qur’an Hadis cara mengajarnya membuat siswa jenuh, hanya membaca materi, hafalan surat pendek atau hadis-hadis saja, tidak ada media yang mendukung. Apalagi dalam keadaan Covid -19 siswa tidak dapat tatap muka dengan gurunya di kelas. Sehingga siswa dalam belajar masih kurang bisa memahami dengan baik. Selanjutnya dalam Lembar Kerja Peserta Didik, kualitas masih kurang. Pada penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan Model online learning berbasis Nearpod, menghasilkan pelaksanaan pengembangan Model Online learning berbasis Nearpod dan untuk mengetahui keberhasilan penggunaan pengembangan Model online learning berbasis Nearpod dalam melatih berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadis di MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto. Pada penelitian ini menggunakan ADDIE yakni Analyze (Menganalisis), Design (Merancang), Develope (Mengembangkan), Implement (Menerapkan), dan Evaluate (Mengevaluasi). Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto pada kels IV dengan jumlah 81 siswa. Sehingga didapatkan hasil validasi ahli media dan materi Pengembangan Model Oneline Learning berbasis Nearpod pada ahli Media mendapat nilai 90,5 % dengan kualifikasi Tanpa Revisi (Sangat Valid) dan ahli materi mendapat nilai 96% dengan kualifikasi Tanpa Revisi (Sangat Valid). Sedangkan hasil validasi dari RPP mendapatkan nilai 82,6% pada pembelajaran pertama dan 82,6 % pada pembelajaran kedua, dengan kualifikasi Sedikit Revisi (Valid). Dan yang terakhir adalah LKPD mendapatkan nilai 94,2 % pada pembelajaran pertama dan 94,2 % pada pembelajaran kedua, dengan kualifikasi Tanpa Revisi (Sangat Valid). Sedangkan respon siswa pada pre-test 81% dan post-test 82,86%. Selanjutnya, hasil pengerjaan LKPD Pengembangan Model Oneline Learning berbasis Nearpod sebelum menggunakan Pengembangan Model Oneline Learning berbasis Nearpod 6001 dan rata-rata 75. Sedangkan sesudah mengerjakan soal dengan Pengembangan Model Oneline Learning berbasis Nearpod, hasilnya 7316 dan rata-rata 94. Dari data hasil uji-t diatas dari 81 siswa MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto, dapat dicermati oleh peneliti bahwa nilai signifikansinya adalah 0,00 yang kurang dari 0.005, yang artinya bahwa ada pengaruh. Maka dapat diakumulasikan dari hasil validasi menunjukkan bahwa pengembangan Model Oneline Learning berbasis Nearpod sangat Layak digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badriyah, Lailatuldamaermash@gmail.comF52319338
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.--195303051986031001
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimatur--197312272005012003
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Model Oneline Learning; Nearpod; berpikir kritis dan mata pelajaran Qur’an Hadis.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lailatul Badriyah
Date Deposited: 02 Sep 2021 08:35
Last Modified: 02 Sep 2021 08:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50131

Actions (login required)

View Item View Item