Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Al-Qur’an surat Yusuf: perspektif tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Maraghi dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Fiqih Nur (2021) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Al-Qur’an surat Yusuf: perspektif tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Maraghi dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2017. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiqih Nur Laili_F02318080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi problematika moral yang sedang terjadi di negeri ini. Karena pendidikan karakter tidak sekedar mendidik mana yang salah dan mana yang benar, tetapi menanamkan kebiasaan (habituation) yang baik dalam kehidupan sehari-hari, sebab pendidikan karakter yang baik bukan hanya memiliki aspek pengetahuan yang baik (moral knowing), melainkan juga mampu merasakan yang baik / loving good (moral feeling), dan sikap yang baik (moral action). Banyak sekali cara dalam menyampaikan pendidikan karakter, salah satunya dengan memberikan nasihat dan kisah tauladan yang terdapat didalam al-Qur’an. Sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an surat Yusuf, ada banyak poin penting dalam proses pembentukan karakter yang sesuai bagi anak. Maka dari itu fokus dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dalam al-qur’an surat Yusuf. Penilitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang tidak menggunakan perhitungan angka-angka. Sesuai dengan hal itu peneliti menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang mengumpulkan banyak data literatur yang diteliti tidak terbatas pada buku-buku, melainkan juga bahan-bahan dokumentasi. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, yakni menyelidiki atau mencari data mengenai hal-hal atau veriabel berupa catatan, buku, jurnal, dan sebagainya. Dan analisis data peneliti menggunkan analisis isi (content analysis), yaitu konten yang terdapat dalam al-Qur’an surat Yusuf perspektif tafsir al-Misbah dan tafsir al-Maraghi. Dengan menguraikan dan menganalisis serta memberikan pemahaman atas kalimat yang dideskripsikan. Hasil analisi menunjukkan bahwa : 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam al-Qur’an Surat Yusuf studi komparatif perspektif tafsir al-Misbah dan al-Maraghi, terdapat 12 nilai yaitu : sabar, pantang menyerah, taqwa, berdo’a, pemimpin yang adil, peduli terhadap orang lain, amanah, percaya diri, santun, menghormati, baik hati, memahami kehidupan. 2) Dari 12 nilai tersebut terdapat 10 nilai yang relevan dengan 11 nilai karakter dari 18 nilai yang dicanangkan oleh Perpres nomor 87, yaitu : religius, jujur, toleransi, demokratis, menghargai prestasi, cinta tanah air, komunikastif/bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dan juga ada 2 nilai yang tidak relevan dengan Perpres nomor 87, akan tetapi karakter ini sangat baik dan patut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu : sabar, dan optimis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Fiqih Nurfiqih428@gmail.comF02318080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhurilimatiga@gmail.com2010045302
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Al Qur'an
Keywords: Pendidikan karakter; al - Qur'an surah Yusuf.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laili Fiqih Nur
Date Deposited: 03 Sep 2021 11:37
Last Modified: 05 Sep 2021 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50137

Actions (login required)

View Item View Item