Suicide attempt: dinamika psikologis self-reflection

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pitaloka, Merlyin Laras (2021) Suicide attempt: dinamika psikologis self-reflection. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Merlyin Laras Pitaloka_J71216067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Refleksi diri merupakan kegiatan yang mengandalkan ingatan, renungan, dan kecermatan guna untuk menganalisis tindakan yang pernah dilakukan dalam meninjau proses, masalah, persoalan dan kendala yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara psikologis bagaimana dinamika refleksi diri pada remaja, yang pernah melakukan percobaan bunuh diri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang memperoleh data dari proses In-depth Interview atau yang biasa disebut wawancara mendalam. Penelitian ini melibatkan tiga informan. Pada ketiga informan penelitian, ditemukan adanya unsur-unsur dari refleksi diri yang meliputi reaksi emosi, konten pikiran, dan penghindran, bentuk-bentuk percobaan bunuh diri, faktor yang mempengaruhi perilaku bunuh diri, faktor refleksi diri, proses refleksi diri, dan dampak dari refleksi diri. Hal tersebut mengungkapkan dimanika psikologis informan bahwa pelaku percobaan bunuh diri dalam penelitian ini mampu bangkit dari perasaan kecewa, perasaan marah, dan sakit yang dirasakan saat mengatasi masalah sulit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pitaloka, Merlyin Larasmerlyin16@gmail.comJ71216067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@gmail.com2012067403
Subjects: Psikologi > Psikologi Anak
Psikologi Sosial
Keywords: Percobaan bunuh diri; Refleksi diri; Self-reflection; Suicide attempt.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Merlyin Laras Pitaloka
Date Deposited: 03 Sep 2021 11:54
Last Modified: 03 Sep 2021 11:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50141

Actions (login required)

View Item View Item