Peran Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) dalam ritual Unduh Unduh pada masa New Normal di Mojowarno Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sidik, Mahfud (2021) Peran Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) dalam ritual Unduh Unduh pada masa New Normal di Mojowarno Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahfud Sidik_E02217019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ritual unduh unduh merupakan Ritual yang dilaksanakan oleh jema’at GKJW sebagai tanda syukur atas karunia tuhan dalam memanen (mengunduh) guna mendapatkan panen raya atau panen yang melimpah. Yang melatar belakangi penulis ini tertarik untuk membuat skripsi ini didasarkan pada hasil observasi, pengamatan, dan wawancara untuk menggambarkan situasi pada masa pandemi Covid 19, Karena ditahun new normal covid-19 ini, Upacara ritual tradisi unduh-unduh yang dilakukan oleh sekelompok orang akan dapat berkembang dari waktu ke waktu dan pada zaman new normal covid. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berbasis data lapangan (Field research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan maksud untuk mengetahui data respoinden secara langsung di lapangan. Untuk memahami, menganalisis dan menjelaskan Peran yang terjadi di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) dalam Ritual Unduh Unduh pada Masa New Normal. Peneitian ini menggunakan Teori Robert King Mertoon Struktural fungsional, yaitu pola yang relatif hubungannya didalam sistem sosial, atau institusi sosial dan norma norma menjadi penting dalam sistem sosial tersebut sebagai landasan masyarakat untuk berperilaku dalam sistem sosial tersebut. Implikasi dalam penelitian ini merupakan kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat Mojowarno dalam mengadakan sebuah perayaan. Sehingga dalam peran GKJW struktur sistem organisasi sangatlah berpengaruh yang menjadi berjalnnya sebuah ritual keagamaan yaitu ada Pendeta, penatua, Diaken dll sebagai pemimpin kegiatan keagamaan atau sebuah ritual, Jemaat sebagai suatu persekutuan Yesus kristus yang mempercayai kepadanya. Semua yang ada di GKJW menjalankan perannya masing masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sidik, Mahfudmahfudassidiq4220@gmail.comE02217019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosidah, Feryani Umiferyani10@yahoo.co.id2008026901
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Spiritualisme
Keywords: Ritual Unduh Unduh; Peran Gkjw; Masa new normal Covid 19.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Mahfud Sidik
Date Deposited: 05 Sep 2021 07:04
Last Modified: 05 Sep 2021 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50145

Actions (login required)

View Item View Item