Dampak restrukturisasi pembiayaan murabahah terhadap UMKM pada masa pandemi Covid-19 di PT. Bank Syariah Indonesia Tbk: legacy PT. Bank BRI Syariah KC Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizaty, Ilvi Nur (2021) Dampak restrukturisasi pembiayaan murabahah terhadap UMKM pada masa pandemi Covid-19 di PT. Bank Syariah Indonesia Tbk: legacy PT. Bank BRI Syariah KC Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilvi Nur Faizaty_G94217172.pdf

Download (1MB)

Abstract

Munculnya Covid-19 menyebabkan banyak usaha atau UMKM mengalami penurunan pendapatan sehingga usaha-usaha atau UMKM yang melakukan akad pembiayaan murabahah dengan PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (Legacy PT. Bank BRISyariah KC Sidoarjo) mengalami kesulitan dalam memenuhi kewajibannya yaitu membayar angsuran. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah adanya restrukturisasi pembiayaan murabahah memberikan dampak yang positif terhadap pembayayaran angsuran dan kondisi perekonomian usaha nasabah. Metode restrukturisasi pembiayaan yang digunakan oleh PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (Legacy PT. Bank BRISyariah KC Sidoarjo) yaitu metode rescheduling dimana keringanan yang diberikan berupa pengurangan jumlah angsuran dan penambahan jangka waktu pembiayaan. Dari adanya restrukturisasi berupa rescheduling tersebut nasabah yang awalnya mengalami kesulitan dalam membayar angsurannya menjadi lebih mudah dan dapat mengurangi beban yang dikeluarkan oleh nasabah tersebut serta kondisi perekonomian usaha nasabah yang awalnya mengalami penurunan karena adanya Covid-19 menjadi kembali membaik. Dari adanya dampak positif restrukturisasi pembiayaan murabahah pada masa pandemi Covid-19 terhadap pembayaran angsuran nasabah dan kondisi perekonomian usaha nasabah maka dapat diketahui bahwa restrukturisasi pembiayaan sudah menerapkan konsep maslahah mursalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizaty, Ilvi Nurilvifaizaty09@gmail.comG94217172
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com197311171998031003
Subjects: Bank Islam
Keywords: Restrukturisasi Pembiayaan; Pembayaran Angsuran; Kondisi Perekonomian Usaha.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ilvi Nur Faizaty
Date Deposited: 05 Sep 2021 21:00
Last Modified: 05 Sep 2021 21:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50151

Actions (login required)

View Item View Item