Mitos Air Sendang Tirta Arum dan maknanya bagi masyarakat Desa Sumberarum Dander Bojonegoro dalam perspektif Mircea Eliade

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayuningtiyas, Muzayanah (2021) Mitos Air Sendang Tirta Arum dan maknanya bagi masyarakat Desa Sumberarum Dander Bojonegoro dalam perspektif Mircea Eliade. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muzayanah Ayuningtiyas_E02217026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini memiliki fokus penelitian, yaitu mengkaji 1) Bagaimana bentuk-bentuk mitos yang dipraktektekan oleh masyarakat Sumberarum terhadap keberadaan adanya mitos air sendang tirta arum tersebut?, 2) bagaimana hubungan teori Mircea Eliade terhadap makna mitos bagi masyarakat Sumberarum terkait keberadaan sendang tirta arum?, hasil dari penelitian ini yaitu, dizaman era modern saat ini masyarakat tidak banyak yang mempercayai dengan adanya mitos. Akan tetapi masyarakat Sumberarum masih mempercayai adanya mitos sendang tirta arum. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti sangat tertarik untuk melakukan penelitian di Sendang Tirta Arum, dikarenakan tidak semua sendang memiliki kekuatan supranatural. Peneliti akan melangsungkan wawancara kepada Kepala Desa Sumberarum perihal sejarah dan mitos yang berada di sendang tirta arum. Peneliti kemudian akan melaksanakan wawancara terhadap masyarakat Sumberarum mengenai makna dari air sendang tirta arum terhadap kehidupan masyarakat. Observasi merupakan sesuatu hal yang wajib dilaksanakan untuk mendapatkan data yang sebenarnya. Observasi juga dilakukan untuk melihat bagaimana masyarakat Sumberarum melaksanakan aktivitas spiritual di Sendang tirta arum. Dokumentasi perlu dilakukan untuk mentranskripkan hasil dari wawancara. Data yang diperoleh dilapangan akan dianalisis dengan memanfaatkan teori sakral dan profan yang disampaikan oleh Mircea Eliade.Penelitian ini menemukan, bahwa mitos air sendang tirta arum masih dipercayai oleh masyarakat Sumberarum. Masyarakat tersebut menganggap adanya nilai-nilai kesakralan dari Sendang Tirta Arum. Selain itu, air Sendang Tirta Arum memiliki khasiat seperti mengabulkan hajat atau keinginan, awet muda, tolak balak, memperlancar rezeki, dan yang lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayuningtiyas, Muzayanahmuzayanahayu06@gmail.comE02217026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyir, Kunawikunawi@uinsby.ac.id2018096401
Subjects: Agama
Spiritualisme
Keywords: Mitos; Makna; Mircea Eliade.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Muzayanah Ayuningtiyas
Date Deposited: 19 Sep 2021 07:49
Last Modified: 19 Sep 2021 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50166

Actions (login required)

View Item View Item