Implementasi media pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist era pandemi covid-19 di MI Al-Istianah Bringin Bendo dan MI Islamiyah Kramat Jegu Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syamsia, Siti Romi (2021) Implementasi media pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist era pandemi covid-19 di MI Al-Istianah Bringin Bendo dan MI Islamiyah Kramat Jegu Taman Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Romi Syamsia_F02A19300.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk mendeskripsikan jenis media yang digunakan dalam pembelajaran daring mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. 2) Untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran daring mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. 3). Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran daring mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Al-Istianah Bringin Bendo dan MI Islamiyah Kramat Jegu Taman Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penyajian data dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan.Hasil temuan menunjukkan, 1) Media yang digunakan dalam pembelajaran Daring dengan memanfaatkan Smartphone dengan beberapa jenis aplikasi seperti WhatsApp, Geogle Form dan Youtube dan disesuaikan dengan kurilulum. 2). Penggunaan media pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Al-Istianah Bringin Bendo dan MI Islamiyah Kramat Jegu Taman Sidoarjo yaitu dengan menggunakan media pembelajaran Daring yang disesuaikan dengan kurikulum kondisi pandemi, pola pembelajaran yang awalnya tatap muka di aliahkan dengan Daring, penguasaan teknologi dibutuhkan guru untuk mendisain media pembelajaran inovatif dan kreatif. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran Daring. Faktor pendukung seperti siswa memiliki Smartphone, guru di fasilitasi dengan kuota internet dan jaringan internet tidak terlalu buruk. Sedangkan dalam segi hambatan adalah perbedaan tingkat pemahaman siswa, siswa tidak memiliki Smartphone sendiri dan keterbatasan kuota internet, kompetensi guru, keterbatasan guru dalam mengontrol berlangsungnya pembelajaran Daring, kemandirian dan motivasi belajar siswa kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syamsia, Siti Romiallamdzaqi@gmail.comF02A19300
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com2012087701
Thesis advisorMukhlisah AM, Mukhlisah AMmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pengajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Implementasi; Media Pembelajaran; Pembelajaran Daring.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SITI ROMI SYAMSIA
Date Deposited: 19 Sep 2021 20:29
Last Modified: 19 Sep 2021 20:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50167

Actions (login required)

View Item View Item