Analisis tes masuk International Class program level Madrasah Ibtidaiyah di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo dan MI Masjid Al-Akbar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ustoyo, Valensiana Vortunata Ari (2021) Analisis tes masuk International Class program level Madrasah Ibtidaiyah di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo dan MI Masjid Al-Akbar Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Valensiana Vortunata Ari Ustoyo_F52A19302.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor tentang 1) pelaksanaan dan sub tes, 2) kualitas butir soal, 3) validitas dan 4) reliabilitas tes masuk. Tes masuk tersebut adalah tes yang digunakan untuk menempatkan siswa di International Class Program (ICP). Penelitian ini dilaksanakan di MI Muslimat NU Pucang Sidaorjo dan MI Masjid Al-Akbar Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Analisis butir soal menggunakan program aplikasi Ms. Excel 2010 sedangkan validitas dan reliabilitasnya dianalisis menggunakan program aplikasi SPSS 21.00. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan tes masuk pada masa pandemi Covid 19 tes masuk di MI MUslimat NU Pucang Sidoarjo dilaksanakan secara tatap muka dan daring sedangkan di MI Masjid Al-Akbar Surabaya dilaksanakan secara daring dengan pelaksanaan yang baik. Sub tes yang diujikan pada masing-masing sekolah berbeda. 2) Analisis butir soal tes ditinjau dari a) tingkat kesukaran soal pada tes masuk ICP di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo cenderung mudah, sedangkan di MI Masjid Al-Akbar Surabaya cenderung merata dengan jumlah soal mudah lebih banyak dan b) daya pembeda pada tes masuk masuk ICP di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo memiliki daya pembeda cenderung sangat baik, berbeda dengan butir tes di MI Masjid Al-Akbar Surabaya cenderung kurang. Tes masuk di kedua sekolah tersebut sama-sama memiliki 3) validitas empiris rendah atau memiliki kemampuan prediksi yang kurang baik dengan 4) tingkat reliabilitas tinggi pada butir-butir soalnya. Tes masuk di dua sekolah perlu adanya perbaikan agar dapat digunakan sebagai tes masuk pada PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) di tahun selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ustoyo, Valensiana Vortunata Arisiana.valen5@gmail.comF52A19302
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Thesis advisorSalik, Muhammadsalik_mohamad@yahoo.com2012126702
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Tes Masuk; International Class Program; Madrasah ibtidaiyah; Kualitas Butir Soal; Validitas Empiris; Reliabilitas
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Valensiana Vortunata Ari Ustoyo
Date Deposited: 12 Apr 2023 22:21
Last Modified: 12 Apr 2023 22:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50169

Actions (login required)

View Item View Item