Korelasi antara konsep diri dan keyakinan diri dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qibtiyah, Dwi Mariyatul (2021) Korelasi antara konsep diri dan keyakinan diri dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Mariyatul Qibtiyah_D74215040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan menyelesaikan soal matematika adalah kecakapan yang dimiliki peserta didik untuk menyelesaikan soal matematika, dalam kemampuan menyelesaikan soal matematika peserta didik memerlukan konsep diri dan keyakinan diri. Semakin besar konsep diri dan keyakinan diri yang dimiliki oleh peserta didik maka semakin tinggi pula kemampuan menyelesaikan soal dalam matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan korelasi antara konsep diri dengan kemampuan kemampuan menyelesaikan soal matematika, korelasi antara keyakinan diri dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika, dan korelasi antara konsep diri dan keyakinan diri dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes soal matematika di kelas VIII-C SMP Negeri 1 Kunjang Kediri dengan jumlah responden sebanyak 31 peserta didik. Analisis data menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika yang ditunjukkan dengan diperoleh r_hitung sebesar 0,527. Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara keyakinan diri dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika peserta didik dengan diperoleh r_hitung sebesar 0,395. Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara konsep diri dan keyakinan diri dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika dengan diperoleh r_hitung sebesar 0,527.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qibtiyah, Dwi Mariyatulmariyatuldwi@gmail.comD74215040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, KusaeriKusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Konsep Diri; Keyakinan Diri; Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika; Korelasi Parsial; Korelasi Ganda.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dwi Mariyatul Qibtiyah
Date Deposited: 06 Sep 2021 11:03
Last Modified: 06 Sep 2021 11:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50192

Actions (login required)

View Item View Item