Pengaruh pembelajaran model hybrid learning terhadap peningkatan pemahaman siswa mata pelajaran PAI di masa pandemi: studi kasus siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmadillah, Ayu Nilna Amelia (2021) Pengaruh pembelajaran model hybrid learning terhadap peningkatan pemahaman siswa mata pelajaran PAI di masa pandemi: studi kasus siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Nilna Amelia Ahmadillah_D91217043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran model hybrid learning adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggabungan pembelajaran online dengan tatap muka terintegrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji ada atau tidak pengaruh pembelajaran model hybrid learning terhadap peningkatan pemahaman siswa di masa pandemi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre eksperimental dengan desain The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Sumberrejo. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Untuk memperoleh data pelaksanaan pembelajaran model hybrid learning peneliti menggunakan teknik kuesioner atau angket, sedangkan untuk memperoleh data terkait pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI peneliti menggunakan kuesioner dan pretest-posttest, dan untuk memperoleh data pendukung lainnya digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran model hybrid tergolong sangat baik dibuktikan dengan hasil angket disebarkan kepada 32 responden berada pada interval 75% - 100% yakni sebesar 80%, 2) Pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI menunjukkan kategori baik dengan persentase sebesar 70% yang berada pada kelas interval 50% - 74%, 3) Pembelajaran model hybrid learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa mata pelajaran PAI, dibuktikan melalui analisi uji-T sampel berpasangan dengan hasil t-hitung > t-tabel (8.884 > 2.0395) dan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 atau <0.05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmadillah, Ayu Nilna Ameliaayunilna9@gmail.comD91217043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengaruh; pembelajaran model hybrid learning; pemahaman siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayu Nilna Amelia Ahmadillah
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:53
Last Modified: 06 Sep 2021 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50213

Actions (login required)

View Item View Item