Implementasi gerakan literasi sekolah di MI Nurul Huda Sambisari dan SD Siti Aminah Karangpilang kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saifudin, Muchamad Nanang (2021) Implementasi gerakan literasi sekolah di MI Nurul Huda Sambisari dan SD Siti Aminah Karangpilang kota Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchamad Nanang Saifudin_F02A17272.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gerakan literasi sekolah merupakan sebuah program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diluncurkan guna membantu peserta didik dalam menumbuhkan budaya membaca dan menulis di lingkungan sekolah. MI Nurul Huda Sambisari dan SD Siti Aminah Karangpilang telah melaksanakan program gerakan literasi sekolah ini semenjak tahun pelajaran 2015/2016 dan hingga sekarang mendapatkan banyak bantuan dari berbagai pihak untuk pelaksanaan program gerakan literasi sekolah ini. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah di SD Siti Aminah dan MI Nurul Huda kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang diteliti adalah kepala sekolah dan kepala perpustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai implementasi gerakan literasi sekolah di SD Siti Aminah dan MI Nurul Huda kota Surabaya menunjukkan bahwa (1) Implementasi gerakan literasi sekolah di MI Nurul Huda Sambisari sudah mencapai level 3 atau tahap pembelajaran, sedangkan di SD Siti Aminah Karangpilang masih mencapai level 2 atau tahap pengembangan. (2) Faktor pendukung dari implementasi gerakan literasi sekolah ini adalah adanya sosialisasi dan diklat mengenai gerakan literasi sekolah. Kemudian tersedianya ruang perpustakaan, adanya pustakawan, memiliki koleksi buku yang beragam, tersedianya sudut baca, mendapat dukungan dari pihak lain, diterbitkannya SK tim literasi sekolah dan program ini termuat dalam rencana anggaran sekolah. Faktor penghambatnya adalah di MI Nurul Huda kesadaran literasi yang rendah dari wali murid, sehingga kurang mendukung gerakan literasi sekolah. Sedangkan di SD Siti Aminah adalah tidak adanya tim literasi sekolah, ruang perpustakaannya kurang luas dan kurang strategis. (3) Dampak dari implementasi gerakan literasi sekolah ini adalah peningkatan sarana dan prasarana demi mewujudkan lingkungan yang literat. Kemudian prestasi yang disumbangkan siswa melalui ajang lomba literasi siswa baik tingkat kota Surabaya maupun tingkat nasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saifudin, Muchamad Nanangnanangsaifudin33@gmail.comF02A17272
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafii, Syafiisyafii2121@gmail.com2018107002
Subjects: Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Implementasi; Gerakan Literasi Sekolah.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saifudin Muchamad Nanang
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:39
Last Modified: 09 Sep 2021 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50215

Actions (login required)

View Item View Item