Efektivitas penerapan pembelajaran PAI dengan model numbered head together model two stay two stray dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SD Siti Aminah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zeininda, Rikza (2021) Efektivitas penerapan pembelajaran PAI dengan model numbered head together model two stay two stray dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SD Siti Aminah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rikza Zeininda_F02A17276.pdf

Download (1MB)

Abstract

Efektivitas dalam penggunaan model pembelajaran sangat berperan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Efek atau hasil yang ditimbulkan adalah adanya peningkatan dari hasil belajar siswa. Hasil belajar tidak akan meningkat jika aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar pasif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari penerapan model Numbered Head Together model Two stay Two Stray dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek pada penelitian ini berjumlah 15 siswa pada kelas V di SD Siti Aminah Surabaya. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa, sedangkan tes tulis untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus uji-T. Dimana peneliti menggunakan Microsoft Excel dalam pengolahan datanya. Hasil penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa sebelum diterapkan model Numbered Head Together model Two Stay Two Stray memiliki rata-rata 77,67 pada aktivitas siswa, dan rata-rata untuk hasil belajar siswa 57,8. Kemudian setelah diterapkan model Numbered Head Together model Two Stay Two Stray aktivitas siswa memiliki rata-rata 82,17. Sedangkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model Numbered Head Together model Two Stay Two Stray aktivitas siswa memiliki rata-rata 90,73. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran PAI menggunakan model Numbered Head Together model Two Stay Two Stray memiliki efek yang cukup besar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian model ini efektif untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zeininda, Rikzarikzazeininda@gmail.comF02A17276
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Efektivitas; Aktivitas Siswa; dan Hasil Belajar Siswa; PAI.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zeininda Rikza
Date Deposited: 07 Sep 2021 13:48
Last Modified: 07 Sep 2021 13:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50218

Actions (login required)

View Item View Item