Analisis perbedaan persistensi laba dan konservatisma akuntansi sebelum dan selama pandemi covid-19: studi empiris perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2017-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugroho, Aisyah Adinda (2021) Analisis perbedaan persistensi laba dan konservatisma akuntansi sebelum dan selama pandemi covid-19: studi empiris perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2017-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Adinda Nugroho_G02217002.pdf

Download (833kB)

Abstract

Research objectives atau tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan persistensi laba dan konservatisma akuntansi sebelum dan selama pandemi covid-19. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa annual report perusahaan all sektor. Periode penelitian berlangsung pada rentang 2017-2020. Dari banyaknya populasi, sejumlah 106 sampel digunakan sebagai sampel dengan metode perolehan sampel purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Beda (Uji Wilcoxon Signed Ranks Test). Temuan penelitian ini mengambarkan adanya perbedaan antara variabel persistensi laba dan konservatisma akuntansi antara periode sebelum dan selama pandemi covid-19. Hasil ditemukan bahwa selama pandemi persistensi laba mengalami penurunan atau terdapat perbedaan dimana hal ini didukung oleh teori signaling. Sementara itu, hasil penelitian pada variabel konservatisma akuntansi dinyatakan tidak memiliki perbedaan pada sebelum dan selama pandemi. Perusahaan menjadi lebih tidak konservatif selama pandemi covid-19 dimana hal ini tidak sejalan dengan teori akuntansi positif. Penelitian ini memberikan saran kepada penelitian selanjutnya untuk memberikan insight baru serta meneliti lebih jauh lagi variabel-variabel persistensi laba dan konservatisma akuntansi karena masih belum banyak digunakan dalam penelitian yang berhubungan dengan fenomena krisis berupa pandemi covid-19. Selain itu, untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat lebih menjelaskan secara komprehensif mengenai persistensi laba dan konservatisma akuntansi sesuai dengan kendala yang dihadapi saat meneliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugroho, Aisyah Adindaaisyahadindan@gmail.comG02217002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id198708282019032013
Subjects: Akuntansi
Keywords: Persistensi Laba; Konservatisma Akuntansi; Pandemi Covid-19; Teori Akuntansi Positif; Teori Sinyal.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Aisyah Nugroho
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:49
Last Modified: 07 Sep 2021 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50225

Actions (login required)

View Item View Item