Pengaruh persepsi pelaku usaha mikro kecil dan menengah tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi, dan skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi: studi pada pelaku UMKM di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andarista, Yesika (2021) Pengaruh persepsi pelaku usaha mikro kecil dan menengah tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi, dan skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi: studi pada pelaku UMKM di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yesika Andarista_G02217025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh dari persepsi pelaku usaha mikro kecil dan menengah tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi, dan skala usaha dalam memanfaatkan adanya penggunaan informasi akuntansi pada UMKM. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh persepsi pelaku usaha mikro kecil dan menengah tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi, dan skala usaha dalam memanfaatkan adanya penggunaan informasi akuntansi pada UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan jenis data yang digunkan adalah data primer yang didapatkan dengan penyebaran kuesioner berskala likert, dimana populasinya adalah pelaku UMKM di Kecamatan Taman Sidoarjo. Dari populasi tersebut dipilih menggunakan teknik total sampling, didapatkan sampel sejumlah 85 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan dari persepsi pelaku usaha mikro kecil dan menengah tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi, dan skala usaha dalam memanfaatkan adanya penggunaan informasi akuntansi. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan bagi Dinas Koperasi dan UMKM dapat melakukan penyuluhan secara berkala kepada UMKM guna meningkatkan kualitas SDM dan pemahaman individu guna mengembangkan usahanya. Karena dengan memingkatkan ketiga variabel tersebut dapat meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan informasi akuntansi guna mengembangkan usahanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andarista, Yesikayesikaandarista1240@gmail.comG02217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Akuntansi
Keywords: Persepsi Pelaku UMKM Tentang Akuntansi; Pengetahuan Akuntansi; Skala Usaha; Penggunaan Informasi Akuntansi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Yesika Andarista
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:57
Last Modified: 07 Sep 2021 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50226

Actions (login required)

View Item View Item