mewujudkan kemandirian pangan melalui budidaya sayur dengan metode hidroponik (pemberdayaan komunitas remaja putri di panti asuhan Al-Ikhlas Griyomapan Sentosa Kec Waru Kab Sidoarjo pada masa pandemi covid-19)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Verawati, Nidya (2021) mewujudkan kemandirian pangan melalui budidaya sayur dengan metode hidroponik (pemberdayaan komunitas remaja putri di panti asuhan Al-Ikhlas Griyomapan Sentosa Kec Waru Kab Sidoarjo pada masa pandemi covid-19). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nidya Verawati_B92217121.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan komunitas remaja putri di yayasan sosial Panti Asuhan Al-ikhlas yang terletak di Perumahan Griyomapan Sentosa Waru Sidoarjo melalui budidaya sayuran dengan menggunakan metode hidroponik sederhana dimasa pandemi covid-19. Hidroponik dapat menjadi solusi dalam menghadapi pandemi covid-19 dalam bidang pangan untuk membantu memberdayakan remaja putri agar lebih sehat dan memiliki mindset untuk berfikir kreatif dalam membangun sebuah kemandirian pangan. Hidroponik sendiri merupakan sebuah metode untuk membudidayakan tanaman dengan menggunakan air yang telah diberi larutan nutrisi. Untuk melaksanakan program pemberdayaan, kegiatan akan diawali dengan kegiatan penyadaran dan pengenalan aset serta potensi, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemahaman teknik budidaya sayuran disertai praktek penanaman. Dalam memetakan aset, peneliti menggunakan pendekatan berbasis Asset Bassed Community Development. Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan di panti asuhan al-ikhlas menghasilkan pencapaian yang berupa peningkatan keterampilan dan pemahaman anak-anak panti terhadap cara bercocok tanam dengan menggunakan hidroponik sederhana. Hasil dari hidroponik tersebut nantinya untuk dikonsumsi sendiri dan juga untuk dipasarkan yang mana nantinya dapat menjadi tambahan pemasukan bagi panti asuhan tersebut.
Kata kunci : Covid-19, Kemandirian Pangan, Panti Asuhan, Pemberdayaan, Hidroponik, Aset

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Verawati, Nidyanidyaverawati10@gmail.comB92217121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Mujibamujibadnan@gmail.com19590207198903100
Subjects: Anak
Pemberdayaan
Remaja
Keywords: Covid-19; Kemandirian Pangan; Panti Asuhan; Pemberdayaan; Hidroponik; Aset.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nidya Verawati
Date Deposited: 16 Sep 2021 23:31
Last Modified: 16 Sep 2021 23:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50230

Actions (login required)

View Item View Item