Implementasi ngaji kilatan dengan metode bandongan di pondok pesantren Darul Falah Pusat Krian dan Pesantren Modern Al Amanah Junwangi Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wasyik, Torikhul (2021) Implementasi ngaji kilatan dengan metode bandongan di pondok pesantren Darul Falah Pusat Krian dan Pesantren Modern Al Amanah Junwangi Krian. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Torikhul Wasyik_F52319309.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sering sekali ketika bulan Ramadhan di semua pesantren di Indonesia mengadakan kegiatan Ngaji kilatan yang dilakukan secara cepat dalam waktu yang sangat singkat untuk menyelesaikan satu kitab. Diantara pesantren yang mengadakan adalah Darul Falah Krian dan pesantren Modern Al Amanah. Maka bagaimana pelaksanaan ngaji kilatan metode bandongan di pesantren Darul Falah Pusat krian dan pesantren modern Al Amanah krian. Serta apa tujuan pelaksanaan ngaji kilatan dengan metode bandongan di kedua pesantren tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di Pesantren Darul Falah Pusat dusun Bendomungal RT 02 RW 01 Sidorejo kecamatan Krian Sidoarjo, dan pesantren Modern Al Amanah Junwangi krian. Subjek penelitian adalah pengasuh pesantren, kyai, asatidz, santri, warga masyarakat. Teknik dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan data. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu dengan cara uji kredibilitas, uji transferbility, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi ngaji kilatan di Pesantren Darul Falah Pusat dan Pesantren Modern al Amanah Junwangi Krian sidoarjo dapat terlihat dari 3 aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta dari tujuan kegiatan ngajin kilatan tersebut. Dalam perencanaan kegiatan ngaji kilatan di kedua pesantren telah di rancang di awal tahun pembelajaran, dalam pelaksanaannya menggunakan keduanya sama-sama menggunakan metode bandongan, namun di pesantren Darul Falah tidak bersifat wajib, berbeda di pesantren Modern Al Amanah yang bersifat wajib. Tujuan ngaji kilatan adalah khataman kitab dan mendapatkan keberkahan kitab dari guru, serta kegiatan sanad keilmuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wasyik, Torikhulthorikkhoir83@gmail.comF52319309
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirunkhoirunniam@uinsby.ac.id2025077001
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Ngaji kilatan; Metode Bandongan.
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Torikhul Wasyik
Date Deposited: 07 Sep 2021 10:41
Last Modified: 07 Sep 2021 10:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50234

Actions (login required)

View Item View Item