Internalisasi karakter religius dan kepemimpinan siswa melalui kegiatan pramuka di SDI Miftahul Ulum Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahzudi, Muhammad (2021) Internalisasi karakter religius dan kepemimpinan siswa melalui kegiatan pramuka di SDI Miftahul Ulum Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Wahzudi_F02A19296.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi saat ini, baik dari media sosial atau media lainnya, sehingga diperlukan internalisasi karakter religius dan kepemimpinan sebagai pondasi agar tidak terkena dampak negatif dari perkembangan tersebut dan sebagai media alternatif tersebut yaitu melalui kegiatan pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses, faktor pendukung dan penghambat internalisasi karakter religius dan kepemimpinan siswa melalui kegiatan pramuka di SDI Miftahul Ulum Surabaya.Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilakukan di SDI Miftahul Ulum Surabaya Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul tahap selanjutnya adalah mengklarafikasikan data sesuai dengan rumusan masalah, kemudian menganalisis data tersebut menggunakan teknik analisis deskriptif, sehingga ditarik suatu temuan penelitian.Hasil penelitian ini ialah : 1) Internalisasi karakter religius siswa melalui kegiatan pramuka di SDI Miftahul Ulum Surabaya dilakukan dengan tiga hal, yakni aspek aqidah (keyakinan), syari’ah (praktik agama), dan akhlaq. 2) Internalisasi kepemimpinan siswa melalui kegiatan pramuka di SDI Miftahul Ulum Surabaya dilakukan dengan tiga hal, yakni mengali potensi diri,berorganisasi (berkelompok), dan management (mengolah/mengatur).3) Faktor pendukung dan penghambat internalisasi karakter religius dan kepemimpinan siswa melalui kegiatan pramuka di SDI Miftahul Ulum Surabaya terdapat empat hal, yakni dukungan kepala sekolah dan orang tua siswa,antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka,sarana yang kurang memadai dan waktu latihan pramuka sangat terbatas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahzudi, Muhammadmuhammadwahzudi@gmail.comF02A19296
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com.2007017001
Subjects: Kepemimpinan
Keywords: Internalisasi; Karakter Religus dan Kepemimpinan; Pramuka.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wahzudi Muhammad
Date Deposited: 07 Sep 2021 10:06
Last Modified: 07 Sep 2021 10:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50249

Actions (login required)

View Item View Item