Implementasi program tahfidzul qur'an dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 3 Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Firdausi, Ainna (2021) Implementasi program tahfidzul qur'an dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 3 Madiun. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainna Al Firdausi_F12318118.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Upaya sekolah untuk meminimalisir degradasi iman peserta didik akibat dampak negatif kemajuan IPTEK pada pendidikan perlu diadakannya program yang mampu meningkatkan karakter religius peserta didiknya. SMP Negeri 3 Madiun adalah salah satu sekolah yang memiliki program unggulan tahfidzul qur’an yang mana dengan menghafal ayat dan maknanya, karakter baik dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Karakter religius peserta didik dapat meningkat dengan baik apabila didasarkan pada kerelaan individu dalam melakukan pembiasaan yang baik dan melalui proses yang panjang dan berkelanjutan yang melibatkan peranan dari keluarga, lembaga pendidikan, dan lingkungan pergaulan. Dalam tesis ini akan memusatkan perhatian pada pelaksanaan program tahfidzul qur’an dalam meningkatkan karakter religius peserta didik, apakah program ini dapat berperan penting dalam meningkatkan karaker religius peserta didik sehingga terwujud sekolah yang efektif, unggul, dan kompetitif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai menggunakan Analysys Interactive Model dari Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan program tahfidzul qur’an di SMP Negeri 3 Madiun melalui beberapa tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang didasari oleh tujuan yang diharapkan dari program tersebut serta melaksanakan tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pelaksanaan program tahfidzul qur’an yang dilakukan 2 minggu sekali di hari Senin jam 07.00 – 08.00 WIB meliputi pendahuluan, dimana guru menanyakan kehadiran dan pemberian motivasi. Metode yang digunakan adalah metode talaqqi. Evaluasi programnya dengan cara mengadakan rapat sebulan sekali atau secara rutin dan hasilnya disampaikan pada rapat dinas akhir semester. Konsep peningkatan karakter religius yang ditawarkan oleh SMP Negeri 3 Madiun melalui program tahfidzul qur’an adalah melalui pembiasaan dalam hal positif. Pemberian contoh sikap baik pada saat proses menghafal al-Qur’an dapat ditiru oleh peserta didik. Mereka juga membaca makna arti setiap ayatnya, sehingga mengetahui dan mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari. Faktor pendukungnya adalah kepemimpinan kepala sekolah, komposisi guru pembina dan kerjasama tim, waktu pelaksanaan di pagi hari, serta dukungan orang tua. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangya sumber daya manusia, beberapa peserta didik belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, serta waktu pelaksanaan tahfidzul qur’an yang kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Firdausi, Ainnaainnaalfirdausi@gmail.comF12318118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Al Qur'an
Keywords: Tahfidzul Qur’an; Karakter Religius.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firdausi Ainna Al
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:17
Last Modified: 09 Sep 2021 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50250

Actions (login required)

View Item View Item